Sosok Meret-Neith Mulai Terungkap, Punya Otoritas Melebihi Raja Mesir Kuno

Kamis, 19 Oktober 2023 - 06:58 WIB
loading...
Sosok Meret-Neith Mulai Terungkap, Punya Otoritas Melebihi Raja Mesir Kuno
Penggalian makam ratu Mesir kuno Meret-Neith mengungkapkan dia merupakan sosok yang berpengaruh dengan tingkat otoritas yang luar biasa tinggi. Foto/Live Science
A A A
KAIRO - Penggalian makam ratu Mesir kuno Meret-Neith mengungkapkan dia merupakan sosok yang berpengaruh dengan tingkat otoritas yang luar biasa tinggi. Prasasti yang ditemukan di dalam makam yang terletak di Abydos, di Mesir tengah, menunjukkan Meret-Neith memegang peran penting dalam perbendaharaan dan menjabat di posisi pemerintahan lainnya sekitar tahun 3000 SM.

Penggalian baru terhadap makam Meret-Neith telah menemukan banyak artefak barang berharga yang menunjukkan dia mungkin adalah penguasa wanita pertama Mesir kuno. Namun, beberapa ahli mempertanyakan apakah dia benar-benar memerintah.

Makam Meret-Neith ditemukan pada tahun 1900, namun penggalian baru-baru ini mengungkapkan makam monumental sang ratu berisi ratusan toples berisi biji anggur berusia 5.000 tahun. Diketahui, sisa-sisa anggur yang terpelihara dengan baik dan barang-barang kuburan lainnya yang identik untuk sebuah makam kerajaan.



“Ini jelas merupakan makam yang sangat penting,” kata Ronald Leprohon, profesor emeritus Egyptology di Universitas Toronto kepada Live Science melalui email dikutip SINDOnews, Kamis (19/10/2023).

Menurut Leprohon, Meret-Neith berarti "kekasih dewi Neith" adalah istri Raja Djet, raja ketiga dari dinasti pertama penguasa Mesir kuno dan ibu dari ahli warisnya, Raja Den. Kompleks makamnya mencakup berisi 41 makam orang istana dan pelayan dan dibuat dari batu bata lumpur, tanah liat, dan kayu melalui beberapa tahap konstruksi.

Temuan sebelumnya menunjukkan bahwa nama ratu muncul setelah nama putranya dalam daftar penguasa yang ditemukan di makamnya di Saqqara. Biasanya, diikuti dengan gelar “ibu raja,” yang menunjukkan bahwa dia memerintah setara bupati pada masa muda Raja Den.

Posisi di pemerintahan dapat tergambar jelas mengapa dia dimakamkan dengan megah di pemakaman kerajaan di Abydos. “Fakta namanya ditambahkan ke dalam daftar raja menunjukkan sesuatu yang sangat penting telah terjadi pada Meret-Neith,” kata Leprohon.



Namun apa yang sebenarnya terjadi masih menjadi misteri, kata Christiana Kohler, seorang arkeolog dan profesor Egyptology di Universitas Wina di Austria yang memimpin penggalian di Abydos. “Memang ada banyak perdebatan di kalangan ahli Mesir Kuno karena bukti yang ada tidak sepenuhnya meyakinkan,” kata Kohler kepada Live Science.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)