Apa Fungsi Cope Cages? Proteksi Anti-Drone yang Terpasang di Tank Israel

Kamis, 19 Oktober 2023 - 15:42 WIB
loading...
Apa Fungsi Cope Cages? Proteksi Anti-Drone yang Terpasang di Tank Israel
Cope cages umumnya terpasang di bagian atas kendaraan baja seperti tank. Foto/Quora
A A A
JAKARTA - Cope cages terlihat dipergunakan oleh militer Israel untuk membekali tank Merkava mereka beberapa waktu lalu. Perangkat yang terpasang di tank itu diharapkan mampu menepis serangan drone yang dilakukan oleh militan Palestina.

Cope cages umumnya terpasang di bagian atas kendaraan baja seperti tank. Sebelumnya, perangkat itu sempat digunakan oleh Rusia ketika menginvasi Ukraina.

Para ahli mengungkapkan jika pemasangan cope cages merupakan upaya untuk mempertahankan diri dari drone quadcopter yang membawa granat dan amunisi lainnya. Sebab, Hamas diketahui telah menggunakan drone quadcopter untuk menjatuhkan bahan peledak rakitan di empat menara komunikasi di sepanjang perbatasan Israel-Gaza.



Lantas, benarkah jika fungsi cope cages hanya untuk menjadi pelindung tank dari serangan drone?

Fungsi Cope Cages


Ternyata fungsi perangkat yang kerap disebut "sangkar penahan" itu jauh lebih kompleks. Dalam sebuah ulasan di Quora menyebutkan jika cope cage pada awalnya digunakan oleh tentara Suriah selama perang terakhir dan cukup efektif melawan granat dan ATGM hulu ledak tunggal yang diluncurkan dari atas.

Menurut laman Technology.org, cope cages adalah jenis perlindungan khusus yang digunakan pada kendaraan militer berat untuk mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh senjata anti-tank berdaya ledak tinggi (HEAT).



Secara teoritis, cope cages yang dibuat dengan benar dapat memberikan efek perlindungan yang signifikan namun tidak mutlak terhadap serangan proyektil musuh.

Perlindungan semacam ini terdiri dari serangkaian bilah atau batang logam atau komposit, biasanya disusun dalam pola kisi-kisi, dipasang di bagian luar kendaraan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)