Daftar Senjata Canggih Israel, Punya Bom Nuklir?

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 17:00 WIB
loading...
Daftar Senjata Canggih Israel, Punya Bom Nuklir?
Israel menjadi salah satu negara dengan kekuatan militer terkuat di Timur Tengah. (Foto: AFP)
A A A
JAKARTA - Israel menjadi salah satu negara dengan kekuatan militer terkuat di Timur Tengah. Negara ini memiliki ratusan ribu prajurit dengan dukungan persenjataan canggih di darat, laut dan udara.

Pengalaman konflik berkepanjangan dengan negara tetangga dan kelompok militan membuat Israel menghabiskan dana triliunan rupiah per tahun untuk pertahanan negaranya.

Pengeluaran Militer Israel

Dilansir dari Gulf News, Sabtu (21/10/2023), Israel menghabiskan USD23,4 miliar atau sekitar Rp371 triliun untuk belanja militer pada tahun 2022, menurut data Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI).

Jumlah ini setara dengan USD2.623 per kapita dari tahun 2018 hingga 2022, menjadikannya negara dengan pengeluar militer per kapita terbesar kedua setelah Qatar.



Israel juga menghabiskan 4,5 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) untuk militer pada tahun 2022, yang menempatkannya sebagai yang ke-10 tertinggi di dunia.

Bantuan Militer AS ke Israel

Israel telah menjadi penerima bantuan militer dan luar negeri terbesar dari Amerika Serikat sejak Perang Dunia II. Hingga saat ini, AS telah memberikan bantuan bilateral dan pendanaan pertahanan rudal kepada Israel sebesar USD158 miliar, menurut laporan Congressional Research Service tahun 2023.

AS memberikan bantuan militer kepada Israel sebagian karena tujuan strategis dan keamanan bersama di Timur Tengah.

Pada 2016, di bawah pemerintahan Presiden Barack Obama, pemerintah AS dan Israel menandatangani MoU ke-3 tentang bantuan militer, yang mencakup tahun 2019 hingga 2028. Dalam MoU tersebut, Amerika Serikat berjanji menyediakan USD38 miliar dalam bantuan militer kepada Israel ditambah dengan USD5 miliar untuk anggaran pertahanan rudal.

Dari bantuan militer sebesar USD3,8 miliar yang diberikan kepada Israel tahun ini, setengah miliar di antaranya untuk pertahanan rudal Israel, dan AS juga menyatakan akan memasok ulang amunisi Israel dalam perangnya melawan Hamas.

Beberapa jam setelah serangan Hamas, Israel meminta peluncur Iron Dome dari AS, dengan Presiden Joe Biden mengatakan Washington akan segera menyediakan Pasukan Pertahanan Israel dengan peralatan dan sumber daya tambahan, termasuk amunisi. Praktis dengan anggaran militer jumbo dan bantuan dari Amerika, postur militer Israel cukup kuat.


Kekuatan Militer Israel

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) memiliki 169.500 personel militer aktif, termasuk 126.000 di angkatan darat, menurut Institut Studi Strategis Internasional Inggris (IISS). Pasukan cadangan IDF mencakup 465.000 anggota, dan 8.000 lainnya termasuk dalam paramiliter.

Menurut laporan dari berbagai media, hampir 300.000 tentara Israel telah ditempatkan di dekat perbatasan Jalur Gaza, seiring dengan spekulasi tentang kemungkinan invasi darat. Di Israel, wajib militer bagi warga negara di atas usia 18 tahun, sementara pria harus mengabdi selama 32 bulan dan wanita selama 24 bulan.

Pertahanan Darat Israel

Israel memiliki lebih dari 2.200 tank dan 530 artileri, menurut laporan Military Balance 2023 dari IISS.

Pertahanan Udara Israel

Dengan beberapa sistem pertahanan udara yang paling canggih di dunia, Israel memiliki 339 pesawat tempur, termasuk 309 pesawat serangan darat - 196 pesawat F-16, 83 pesawat F-15, dan 30 pesawat F-35. IDF juga memiliki 142 helikopter, termasuk 43 helikopter serangan Apache, menurut IISS.

Kekuatan Laut Israel

Militer Israel memiliki lima kapal selam dan 49 kapal patroli dan pertempuran pantai.

Pertahanan Iron Dome Israel

Iron Dome adalah sistem pertahanan udara bergerak dengan jaringan detektor radar dan peluncur roket yang bekerja sama untuk menangkal roket-roket yang datang.

Diperkenalkan pertama kali pada 2011, Iron Dome diciptakan dengan bantuan Amerika Serikat, yang menyuplai bagian-bagian untuk sistem ini. Sistem pertahanan bernilai miliaran dolar ini sangat canggih dan telah berhasil menangkal lebih dari 90 persen roket yang ditembakkan oleh Hamas dan kelompok Palestina lainnya pada 2021.

IISS juga menyatakan Israel memiliki kemampuan nuklir dengan misil Jericho dan pesawat yang mampu membawa hulu ledak nuklir . Meskipun tidak secara resmi menyatakan diri sebagai negara nuklir, senjata nuklir Israel dianggap sebagai rahasia terbuka, dan Asosiasi Kontrol Senjata AS memperkirakan jumlah hulu ledaknya sekitar 90.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)