15 Sumber Daya Alam yang Mulai Menipis di Dunia, Apa Saja?

Senin, 23 Oktober 2023 - 06:57 WIB
loading...
15 Sumber Daya Alam yang Mulai Menipis di Dunia, Apa Saja?
Batu bara diprediksi akan habis 150 tahun lagi. (Foto: FrenzHub)
A A A
JAKARTA - Jumlah penduduk dunia diperkirakan telah mencapai 8,06 miliar jiwa dan terus bertambah setiap detik. Sebuah problem bakal muncul karena sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia mulai menipis.

Laman Worldometers, Senin (23/10/2023) secara rinci mencatat, India berada di urutan pertama terbanyak penduduk dunia dengan 1,432,689,383 jiwa, disusul China dengan 1,425,518,038 penduduk. Kemudian Amerika Serikat dengan 340,561,272 jiwa, Indonesia 278,236,724 jiwa, dan Pakistan 241,946,063 jiwa.

Meledaknya jumlah populasi dunia memunculkan tantangan baru, yaitu ketersediaan suplai barang dan makanan. Bumi dengan sumber daya alamnya perlahan mulai kekurangan suplainya untuk manusia.


Dikutip dari laman Frenzhub, berikut daftar sumber daya alam yang mulai menipis di dunia.

1. Minyak

15 Sumber Daya Alam yang Mulai Menipis di Dunia, Apa Saja?


Stok minyak dunia terus menurun. BP's Statistical Review of World Energy memperkirakan cadangan minyak di dunia hanya akan bertahan sekitar 50 tahun ke depan.

2. Helium

15 Sumber Daya Alam yang Mulai Menipis di Dunia, Apa Saja?


Helium digunakan untuk mendinginkan magnet superkonduktor serta sangat penting dalam pemindai MRI serta kegunaan lain. Menurut Federal Helium Reserve AS, cadangan helium dunia bisa habis dalam waktu 25 tahun hingga 30 tahun jika tingkat penggunaan saat ini berlanjut.

3. Kopi


Menurut Climate Institute, perubahan iklim dapat mengurangi lahan yang cocok untuk pertumbuhan kopi menjadi separuhnya pada 2050. Suhu yang meningkat, curah hujan yang bertambah, dan penyebaran penyakit kopi akan menjadi masalah serius.

3. Batu Bara


Batu bara telah menjadi tulang punggung listrik sejak Revolusi Industri, tetapi ini adalah sumber daya yang terbatas. Menurut World Coal Association, jika manusia terus mengambil batu bara dari bumi dengan laju seperti sekarang, maka 150 tahun lagi akan habis.

4. Pasir


Pasir penting untuk beton, kaca, dan barang elektronik. Secara global, manusia mengonsumsi lebih dari 50 miliar ton metrik pasir setiap tahun, dengan industri konstruksi menjadi konsumen besar. Tanpa kontrol yang tepat, pasir akan menjadi barang langka.

5. Emas


Dewan Emas Dunia mencatat seluruh emas yang pernah ditambang jika dikumpulkan akan membentuk kubus dengan panjang 21 meter di setiap sisi. Volume tersebut sekitar panjang tiga setengah kolam renang. Survei Geologi AS memperkirakan hanya ada 52.000 ton emas yang bisa ditambang di seluruh dunia.


6. Sarden


Dewan Internasional untuk Penjelajahan Laut mencatat, stok sarden telah turun lebih dari 70 persen dalam dua dekade terakhir. Penangkapan ikan berlebihan dan perubahan iklim menjadi pemicu utamanya.

7. Cokelat


Pasokan kakao dunia terus berkurang. Perubahan iklim dan deforestasi membuat semakin sulit bagi petani kakao memproduksi lebih dari setengah cokelat dunia.

8. Anggur


Penelitian Morgan Stanley mengungkap fakta ketidakseimbangan antara permintaan dan pasokan anggur semakin meningkat, terutama disebabkan oleh penurunan produksi. Laporan tersebut menyatakan konsumsi anggur global pada 2020 mencapai 24 miliar liter, sementara produksinya saat ini hanya 23,1 miliar liter.

Kekurangan ini terutama disebabkan oleh pola iklim yang berubah memengaruhi wilayah-wilayah penghasil anggur di seluruh dunia.

9. Keju


Permintaan global terhadap keju dari bahan susu kambing jauh melebihi pasokan. Amerika Serikat mengonsumsi sekitar 150 juta kilogram keju setiap tahun. Namun, populasi kambing tidak dapat mengikuti perkembangan ini. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO), ada sekitar 1 miliar kambing di seluruh dunia, namun tidak semua kambing menghasilkan susu untuk keju. Hanya beberapa ras tertentu seperti Alpine, LaMancha, dan Saanen yang bisa melakukannya.

10. Bacon


Kelangkaan bacon bukan karena kekurangan babi, tetapi permintaan yang kian naik. Menurut Departemen Pertanian AS, pada tahun 2020, Amerika mengonsumsi 9 kilogram daging babi asap per orang. Sementara cadangan bacon AS mencapai titik terendah dalam 50 tahun pada 2017.

11. Fosfor


Fosfor menjadi bahan penting dalam pupuk dan penting untuk pertumbuhan tanaman. Studi menunjukkan dunia bakal kekurangan fosforus dalam waktu 50 hingga 100 tahun karena penggunaan berlebihan dan praktik pemborosan. Studi oleh Cordell, Drangert, dan White (2009) memperkirakan bahwa pada 2040 permintaan bisa melampaui pasokan.

12. Air


Bumi terdiri dari sekitar 70 persen air. Namun, hanya sekitar 2,5 persen di antaranya air tawar, dengan hanya 0,3 persen tersedia untuk digunakan oleh manusia. Menurut UNESCO, pada tahun 2025, diperkirakan 1,8 miliar orang akan tinggal di daerah yang dilanda kelangkaan air.


13. Tequila


Tanaman agave biru, satu-satunya jenis yang digunakan untuk membuat tequila asli, mulai berkurang. Petani kesulitan memenuhi pasokan, dengan tanaman agave membutuhkan sekitar sepuluh tahun untuk mencapai kematangannya dan meningkatnya permintaan tequila di seluruh dunia.

15. Terumbu Karang


Menurut WWF, sekitar seperempat terumbu karang di seluruh dunia sudah rusak dan tak dapat diperbaiki, dengan dua pertiga lainnya dalam ancaman serius. Jika laju kehancuran berlanjut, 60 persen terumbu karang dunia akan hilang dalam 30 tahun mendatang.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)