Spesifikasi Drone Karrar Iran, Senjata Unggulan yang Multifungsi

Kamis, 26 Oktober 2023 - 13:51 WIB
loading...
Spesifikasi Drone Karrar Iran, Senjata Unggulan yang Multifungsi
Drone Karrar Iran dikenal sebagai drone multifungsi yang dapat menjalankan berbagai misi. Foto/iswnews
A A A
JAKARTA - Drone Karrar Iran dikenal sebagai drone multifungsi yang dapat menjalankan berbagai misi. Jenis drone ini mampu melakukan pengeboman, intersepsi, hingga misi peledakan diri.

Dalam sejarahnya, model UAV Karrar pertama terlihat pada tahun 2004 di pameran peralatan militer. Kemudian pada tahun 2010 muncul “Karrar Bomber Drone” dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh presiden Iran saat itu.

Untuk produksi dan penggunaan Karrar secara resmi belum diketahui dengan pasti. Namun, pada 2010 dianggap sebagai tahun mulai beroperasinya drone unggulan Iran tersebut.



Melansir dari Islamic World News, drone Karrar Iran adalah turunan dari drone target Beechcraft MQM-107 Streaker Amerika era 1970-an. Drone tersebut dibeli sebelum Revolusi Islam Iran untuk digunakan sebagai drone sasaran dalam latihan pertahanan.

Meski begitu, tampilan drone Karrar justru lebih mirip dengan UAV Skua buatan Afrika Selatan dan terlihat sangat berbeda dengan drone Skua dan MQM-107.

Spesifikasi Drone Karrar Iran


Dilihat dari cara memperkenalkan drone Karrar, besar kemungkinan jika drone ini memiliki empat generasi yang mulai diperkenalkan pada tahun 2010.

Generasi kedua diketahui memiliki jangkauan 1000 km dan kecepatan maksimal 900 km/jam dengan kemungkinan membawa bahan peledak seberat 226 kg.



Sedangkan generasi ketiga ini diketahui memiliki panjang 3,75, lebar sayap 3,1 dan tinggi 1,5 meter, serta berat lepas landas maksimum 750 kg dengan kemampuan membawa muatan 250 kg.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)