Pesawat Tempur F-15EX Eagle II Terbang Perdana, Boeing Siap Produksi Massal

Senin, 30 Oktober 2023 - 22:08 WIB
loading...
A A A
Pesawat baru ini untuk menggantikan model F-15C/D lama yang telah terbang selama empat dekade. Pesawat tempur F-15EX dijadwalkan diterima di armada USAF pada Maret 2021.
Pesawat Tempur F-15EX Eagle II Terbang Perdana, Boeing Siap Produksi Massal


Sejumlah besar persenjataan melengkapi F-15EX Eagle II, mulai dari rudal udara-ke-udara, udara-ke-darat hingga berbagai bom. Pesawat tempur ini mampu membawa hingga 22 rudal udara-ke-udara seperti AIM-120 AMRAAM atau AIM-9X Sidewinder dan batas muatan 28.000 pon.

Termasuk amunisi udara-ke-darat seperti JDAM atau Small Diameter Bomb (SDB). Pesawat tempur F-15EX juga dibekali meriam 20mm untuk pertempuran jarak dekat.



Beberapa peningkatan teknologi membedakan F-15EX Eagle II dari pendahulunya. Memiliki kokpit digital inovatif yang dilengkapi dengan layar luas dan avionik modern, pilot diberikan pengetahuan situasional tambahan dan efisiensi operasional.

Sistem kendali fly-by-wire kontemporer menambah kemampuan manuver dan meringankan beban kerja pilot. Selain itu, rangkaian peperangan elektronik yang diperbarui meningkatkan kemampuannya untuk membedakan dan melawan ancaman musuh.

F-15EX Eagle II juga memberikan beberapa keunggulan strategis dibandingkan model F-15 yang lebih tua. Masa layanannya yang lebih panjang dan berkurangnya biaya operasional bagi Angkatan Udara Amerika Serikat.

Mendemonstrasikan sistem misi progresif, F-15EX Eagle II dapat melaksanakan tugas operasional dengan cakupan yang lebih luas. Kapasitas persenjataannya yang bertambah dan kompatibilitas senjata yang bervariasi menjadikannya pesawat tempur yang sangat serbaguna.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2404 seconds (0.1#10.140)