Ilmuwan Ungkap Tujuan Orang Kuno Membangun Stonehenge

Selasa, 31 Oktober 2023 - 19:44 WIB
loading...
Ilmuwan Ungkap Tujuan Orang Kuno Membangun Stonehenge
Tujuan orang kuno membangun Stonehenge terungkap. FOTO/ DAILY
A A A
Tujuan kuno Stonehenge akhirnya terungkap berkat model 'akustik' 3D yang dibuat oleh tim peneliti dari University of Salford, Inggris, dan English Heritage.


Seperti dilansir dari Daily Start, Model ini menunjukkan bahwa Stonehenge memiliki akustik yang luar biasa, yang dapat digunakan untuk memperkuat suara manusia, seperti pidato, nyanyian, dan tarian.

Penelitian ini dilakukan dengan membangun model Stonehenge skala 1:12 di sebuah ruangan kedap suara. Model ini terbuat dari batu-batuan yang dicetak 3D dan dicat agar menyerupai batu-batu asli Stonehenge.

Para peneliti kemudian menggunakan alat perekam suara untuk mengukur akustik model tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa suara yang diucapkan di dalam model Stonehenge akan terdengar lebih keras dan jelas daripada suara yang diucapkan di luar model.

Penelitian ini menunjukkan bahwa Stonehenge kemungkinan besar digunakan sebagai tempat untuk mengadakan ritual atau upacara keagamaan.

Suara manusia yang diperkuat oleh akustik Stonehenge dapat digunakan untuk menyampaikan pesan kepada para dewa atau roh.
.
Penelitian ini merupakan langkah penting dalam memahami tujuan kuno Stonehenge. Namun, masih banyak hal yang perlu dipelajari lebih lanjut tentang Stonehenge, termasuk bagaimana akustik Stonehenge digunakan dalam ritual atau upacara keagamaan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0990 seconds (0.1#10.140)