Seberat 4 Ekor Paus Biru, Ini Roket Artemis 2 untuk Kirim Astronot NASA ke Bulan

Senin, 06 November 2023 - 16:08 WIB
loading...
A A A
Secara praktis, ini berarti teknisi akan memasang lima buah pada setiap booster SLS, bukan empat buah pada booster shuttle. Pekerjaan perakitan buritan sedang berlangsung di Fasilitas Rotasi, Pemrosesan, dan Lonjakan KSC, sementara booster lainnya disimpan di dekatnya.
Seberat 4 Ekor Paus Biru, Ini Roket Artemis 2 untuk Kirim Astronot NASA ke Bulan


Nantinya, semua segmen booster akan dipindahkan ke Gedung Perakitan Kendaraan ikonik NASA di KSC. Potongan-potongan roket tersebut kemudian akan dirakit lebih lanjut di atas peluncur bergerak atau menara besar yang mendukung SLS selama peluncuran.

Peluncur seluler saat ini sedang sibuk dengan pengujian penting di Launch Pad 39A, tempat misi akan diluncurkan ke bulan. Baru-baru ini pesawat tersebut menjalani uji banjir air untuk memeriksa sistem yang secara aman menekan gelombang kejut SLS dan booster yang kuat selama peluncuran.



Keempat astronot juga disibukkan dengan pelatihan untuk membiasakan diri dengan pesawat luar angkasa Orion. Mereka dijadwalkan melakukan uji simulasi splashdown bersama pejabat Angkatan Laut AS dan NASA menjelang akhir tahun 2023.

Misi Artemis 2 akan terbang mengelilingi bulan dan kembali lagi untuk menguji sistem Orion sebelum perkiraan pendaratan Artemis 3 di bulan pada tahun 2025 atau 2026. Kuartet astronot di Artemis 2 termasuk komandan NASA Reid Wiseman, pilot NASA Victor Glover, spesialis misi NASA Christina Koch dan spesialis misi Badan Antariksa Kanada Jeremy Hansen.

Glover akan menjadi astronot kulit hitam pertama yang menjelajah melampaui orbit rendah Bumi. Sementara Koch akan menjadi astronot wanita pertama dan Hansen menjadi astronot Kanada pertama.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)