Spesifikasi Rudal QW-18 China yang Digunakan Hamas untuk Menyerang Israel

Selasa, 07 November 2023 - 12:25 WIB
loading...
Spesifikasi Rudal QW-18 China yang Digunakan Hamas untuk Menyerang Israel
Hamas diketahui menggunakan rudal QW-18 buatan China untuk menyerang Israel. Foto/Navy Recognition
A A A
JAKARTA - Hamas diketahui menggunakan rudal QW-18 buatan China untuk menyerang Israel . Rudal QW-18 merupakan senjata jenis Man Portable Air Defence Systems (MANPADS) yang dikembangkan oleh China.

Dalam sebuah rekaman yang dibagikan oleh akun X @clashreport menunjukkan Hamas sedang bersiap dan akan meluncurkan senjata MANPADS pada serangan 7 Oktober 2023 lalu.

Rekaman tersebut juga memperlihatkan pasukan Hamas menggunakan senjata berjenis QW-18 buatan China. hingga saat ini belum diketahui bagaimana senjata tersebut bisa dimiliki oleh pasukan Hamas.

Berikut ulasan mengenai spesifikasi rudal QW-18 China yang dipakai Hamas untuk menyerang Israel.

Spesifikasi Rudal QW-18 China


Dilansir dari laman Global Security, rudal QW-18 adalah senjata dengan sistem anti pesawat portabel baru yang dapat ditembakkan di bahu dan dapat beroperasi di segala cuaca. Rudal ini dilengkapi dengan fungsi anti-interferensi infrared yang sangat baik.



Rudal QW-18 buatan China dapat digunakan untuk menyerang target udara di ketinggian yang rendah dengan kecepatan tidak lebih dari 300 meter per detik. Adapun fitur unggulan dari rudal QW-18 adalah sistem pencari infrared pasif dual-band yang berfungsi untuk mengunci target dengan kuat.

Rudal QW-18 merupakan bentuk penyempurnaan dari jenis rudal sebelumnya yakni QW-11. Dengan kemampuan yang lebih canggih, QW-18 memiliki panjang 1,526 meter, dan dilengkapi dengan sistem senjata berbobot 18 kg.

Selain itu, QW-18 juga memiliki tabung peluncurannya yang berbobot 4 kg dan mekanisme penembakan berbobot 1,7 kg. Rudal tersebut memiliki jangkauan tembak hingga 5.000 meter dengan ketinggian tembak 4.000 meter dan kecepatan luncur 500 meter per detik.

QW-18 adalah rudal yang dapat diintegrasikan dengan senjata lain untuk membentuk sistem pertahanan udara komprehensif, termasuk sistem senjata rudal anti pesawat dan artileri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)