Spesifikasi Rudal QW-18 China yang Digunakan Hamas untuk Menyerang Israel

Selasa, 07 November 2023 - 12:25 WIB
loading...
Spesifikasi Rudal QW-18 China yang Digunakan Hamas untuk Menyerang Israel
Hamas diketahui menggunakan rudal QW-18 buatan China untuk menyerang Israel. Foto/Navy Recognition
A A A
JAKARTA - Hamas diketahui menggunakan rudal QW-18 buatan China untuk menyerang Israel . Rudal QW-18 merupakan senjata jenis Man Portable Air Defence Systems (MANPADS) yang dikembangkan oleh China.

Dalam sebuah rekaman yang dibagikan oleh akun X @clashreport menunjukkan Hamas sedang bersiap dan akan meluncurkan senjata MANPADS pada serangan 7 Oktober 2023 lalu.

Rekaman tersebut juga memperlihatkan pasukan Hamas menggunakan senjata berjenis QW-18 buatan China. hingga saat ini belum diketahui bagaimana senjata tersebut bisa dimiliki oleh pasukan Hamas.

Berikut ulasan mengenai spesifikasi rudal QW-18 China yang dipakai Hamas untuk menyerang Israel.

Spesifikasi Rudal QW-18 China


Dilansir dari laman Global Security, rudal QW-18 adalah senjata dengan sistem anti pesawat portabel baru yang dapat ditembakkan di bahu dan dapat beroperasi di segala cuaca. Rudal ini dilengkapi dengan fungsi anti-interferensi infrared yang sangat baik.



Rudal QW-18 buatan China dapat digunakan untuk menyerang target udara di ketinggian yang rendah dengan kecepatan tidak lebih dari 300 meter per detik. Adapun fitur unggulan dari rudal QW-18 adalah sistem pencari infrared pasif dual-band yang berfungsi untuk mengunci target dengan kuat.

Rudal QW-18 merupakan bentuk penyempurnaan dari jenis rudal sebelumnya yakni QW-11. Dengan kemampuan yang lebih canggih, QW-18 memiliki panjang 1,526 meter, dan dilengkapi dengan sistem senjata berbobot 18 kg.

Selain itu, QW-18 juga memiliki tabung peluncurannya yang berbobot 4 kg dan mekanisme penembakan berbobot 1,7 kg. Rudal tersebut memiliki jangkauan tembak hingga 5.000 meter dengan ketinggian tembak 4.000 meter dan kecepatan luncur 500 meter per detik.

QW-18 adalah rudal yang dapat diintegrasikan dengan senjata lain untuk membentuk sistem pertahanan udara komprehensif, termasuk sistem senjata rudal anti pesawat dan artileri.



Selain itu, rudal yang dikembangkan oleh China ini dirancang untuk memiliki masa simpan 10 tahun dan dapat dioperasikan pada rentang suhu ekstrem, mulai dari -40 hingga 60 derajat Celsius.

QW-18 yang lebih canggih mengadopsi pencari pasif inframerah dual-band, yang tidak hanya dapat secara akurat merasakan dua sumber panas. Senjata rudal ini juga memiliki kemampuan anti-jamming yang kuat dan akurasi serangan telah ditingkatkan.

Demikian ulasan mengenai spesifikasi rudal QW-18 China yang digunakan Hamas untuk menyerang Israel. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)