Spesifikasi Rudal ICBM Minuteman III, Senjata Berkemampuan Nuklir Amerika Serikat yang Gagal Uji Coba

Selasa, 07 November 2023 - 16:58 WIB
loading...
Spesifikasi Rudal ICBM Minuteman III, Senjata Berkemampuan Nuklir Amerika Serikat yang Gagal Uji Coba
Rudal ICBM Minuteman III merupakan salah satu senjata militer Amerika Serikat dengan kemampuan mengerikan. Foto/Missile Threat
A A A
JAKARTA - Rudal ICBM Minuteman III merupakan salah satu senjata militer yang dimiliki Amerika Serikat. Berkemampuan nuklir, rudal ini digadang-gadang bakal menjadi senjata mengerikan yang ditakuti lawan.

Baru-baru ini, Amerika Serikat melakukan uji coba terbaru terhadap Minuteman III . Namun, uji coba rudal balistik antarbenua tersebut justru mengalami kegagalan.

Lebih jauh, seperti apakah spesifikasi dari rudal ICBM Minuteman III? Simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Rudal ICBM Minuteman III


LGM-30G Minuteman III merupakan rudal balistik antarbenua milik Amerika Serikat. Rudal ini menjadi anggota ketiga dari seri Minuteman yang sudah muncul.



Mengutip laman Missile Threat, Selasa (7/11/2023), Minuteman III mulai dikembangkan pada 1964. Perancangannya ditujukan sebagai pengganti LGM-30F atau Minuteman II yang dirasa sudah tua.

Setelah menjalani serangkaian uji coba, pengoperasian Minuteman III bermula pada 1970. Saat ini, Amerika Serikat diperkirakan masih memiliki ratusan unitnya, termasuk beberapa di antaranya yang sudah mendapatkan peningkatan.

Pada segi performa, Minuteman III memiliki jangkauan hingga 13.000 kilometer. Beroperasi selama tiga tahap, rudal ini bisa membawa hulu ledak nuklir.

Beberapa hulu ledak yang bisa dimuat seperti W78 dan W87. Keduanya diperkirakan memiliki daya hancur antara 300 hingga 500 kT.

Rudal Minuteman III mempunyai panjang sekitar 18,2 m dengan diameter 1,85 m. Pada sistemnya, rudal ini dibekali navigasi inersia yang memberikan kemampuan akurasi lebih baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2008 seconds (0.1#10.140)