Ini Penyebab Sejumlah Rudal Iron Dome Berbalik Arah Menyerang Israel

Rabu, 08 November 2023 - 06:32 WIB
loading...
Ini Penyebab Sejumlah Rudal Iron Dome Berbalik Arah Menyerang Israel
Penyebab Sejumlah Rudal Iron Dome error. FOTO/ DAILY
A A A
JERUSALEM - Sebuah video tersebar di media sosial menunjukkan detik sistem pemintas peluru berpandu yang dibanggakan Israel, Iron Dome mengalami kegagalan lalu meletup di sebuah kawasan perumahan di selatan Tel Aviv.



Laman berita Al Mayadeen melaporkan, peluru berpandu yang disasarkan ke arah Gaza itu membuat putaran lalu jatuh di kawasan padat penduduk, Rishon LeZion kelmarin.

Sistem pertahanan udara Iron Dome Israel mengalami kesalahan teknis yang mengakibatkan sebuah rudal yang ditembakkan dari Jalur Gaza tidak dapat dicegat dan malah diarahkan kembali ke wilayah Israel.

Rudal tersebut mendarat di kawasan hutan dekat kota Ashdod tanpa menimbulkan korban jiwa atau kerusakan.

Menurut laporan Times of Israel, kesalahan teknis tersebut terjadi pada sistem radar yang digunakan untuk melacak lintasan roket.

Radar tersebut salah menganalisis lintasan roket dan menganggapnya sebagai ancaman terhadap wilayah Israel. Akibatnya, sistem pertahanan udara Iron Dome meluncurkan rudal pencegat yang justru mengenai roket tersebut.

Kesalahan teknis ini merupakan yang pertama kalinya terjadi pada sistem pertahanan Iron Dome. Sistem pertahanan ini sebelumnya telah terbukti sangat efektif dalam melindungi Israel dari serangan roket Hamas. Sejak diluncurkan pada tahun 2011, Iron Dome telah berhasil mencegat lebih dari 2.500 roket yang ditembakkan ke Israel.

Kejadian ini menimbulkan kekhawatiran di Israel bahwa sistem pertahanan Iron Dome tidak sepenuhnya aman. Israel pun berencana untuk melakukan investigasi lebih lanjut untuk mencari tahu penyebab kesalahan teknis tersebut dan mencegah terjadinya hal serupa di masa depan.

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab kesalahan teknis pada sistem pertahanan Iron Dome:

Kesalahan pada perangkat keras, seperti radar atau sistem kendali senjata.
Kesalahan pada perangkat lunak, seperti algoritma yang digunakan untuk melacak lintasan roket.
Kesalahan manusia, seperti kesalahan dalam mengoperasikan sistem pertahanan.
Israel telah menyatakan bahwa mereka akan meningkatkan anggaran untuk pengembangan dan pemeliharaan sistem pertahanan Iron Dome. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas sistem pertahanan tersebut dan mencegah terjadinya kesalahan teknis serupa di masa depan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2266 seconds (0.1#10.140)