Studi Terbaru, Gunung Padang Diyakini Piramida Tertua di Dunia

Rabu, 08 November 2023 - 18:58 WIB
Studi Terbaru, Gunung Padang Diyakini Piramida Tertua di Dunia
Situs Gunung Padang di Cianjur diyakini sebagai piramida tertua di dunia. (Foto: Disparbud)
JAKARTA - Kabar gembira datang dari para peneliti lintas keilmuan. Situs Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat, kemungkinan besar akan ditahbiskan sebagai piramida tertua di dunia, setelah ditemukan sejumlah bukti baru.

Studi baru yang melibatkan upaya kolaboratif dari ahli arkeologi, geofisika, ahli geologi, dan paleontolog bersama lembaga-lembaga pemerintah, meyakini struktur yang dikenal sebagai Gunung Padang mungkin merupakan piramida tertua di seluruh dunia.

Dengan menggunakan tomografi seismik, tomografi resistivitas listrik, dan ground-penetrating radar, data tim menunjukkan bagian-bagian lebih tua dari piramida ini dibangun sekitar 25.000 tahun lalu. Riwayat waktu yang ditawarkan oleh para peneliti akan menempatkan pembangunan awal piramida ini pada Zaman Es terakhir.

"Pengukuran radiokarbon tanah organik dari struktur ini mengungkapkan beberapa tahap konstruksi yang berasal dari ribuan tahun sebelum Masehi, dengan fase awal berasal dari era Paleolitikum," kata salah seorang peneliti dikutip dari Sputnik, Rabu (8/11/2023).

Situs Gunung Padang telah ditetapkan sebagai situs warisan budaya sejak tahun 1998. Sebelum ditemukan, situs ini dianggap sebagai bukit alamiah, tetapi melalui penelitian yang mendalam yang pertama kali dimulai pada 2011, para peneliti menentukan megalit ini dibangun dalam tahap-tahap kompleks dan canggih oleh tangan manusia. Namun, penting untuk dicatat bahwa baru pada 2018 para peneliti mengusulkan struktur ini mungkin buatan manusia.

"Studi ini dengan tegas menunjukkan bahwa Gunung Padang bukanlah bukit alamiah tetapi konstruksi mirip piramida," tulis para penulis.

Tidak hanya strukturnya yang dibangun oleh tangan manusia selama Zaman Es, tetapi konstruksinya juga berlangsung selama ribuan tahun. Para peneliti mendetailkan bahwa piramida ini dibangun dalam empat tahap berbeda selama ribuan tahun.

Tim menemukan bagian terdalam dari Gunung Padang terletak 30 meter di bawah puncaknya, dan diyakini bahwa bentuknya (yang mereka sebut sebagai Unit 4) kemungkinan berasal dari bukit lava alami yang kemudian dikerjakan dengan cermat menjadi bentuknya saat ini.

Setelah bentuk awal ini dibangun, area berikutnya, yang disebut oleh para peneliti sebagai Unit 3, dibangun dengan menggunakan blok-blok kolom dan disusun seperti bata dalam bangunan dan dibangun antara tahun 6.000 hingga 5.500 SM. Bagian terakhir, Unit 1, dibangun antara tahun 2.000 hingga 1.100 SM.