Studi Terbaru, Gunung Padang Diyakini Piramida Tertua di Dunia

Rabu, 08 November 2023 - 18:58 WIB
loading...
A A A
Penemuan ini juga secara dramatis menentang asumsi bahwa teknik bangunan yang canggih pertama kali dikembangkan bersamaan dengan munculnya pertanian, yang terjadi sekitar 11.000 tahun lalu. "Pembangun Unit 3 dan Unit 2 di Gunung Padang pasti harus memiliki kemampuan masonri yang luar biasa, yang tidak sejalan dengan budaya pemburu-pengumpul tradisional," tulis tim peneliti.



Tim juga menemukan seluruh struktur ini sengaja dikubur beberapa kali untuk menyembunyikan identitas aslinya demi tujuan pelestarian. Hal inilah yang menjelaskan mengapa struktur ini dalam kurun waktu lama dianggap sebagai bukit alamiah.

Dalam riset yang dilakukan, tim juga menemukan ruang tersembunyi atau kamar di dalam situs ini. Salah satunya diperkirakan memiliki ketinggian 10 meter, panjang 10 meter, dan lebar 15 meter.

Danny Hilman, seorang ahli geologi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional Indonesia yang memimpin studi ini, mendorong penggalian lebih lanjut untuk memasukkan kamar-kamar ini sehingga para peneliti dapat menemukan rahasia tersembunyi situs Gunung Padang.

Penelitian di masa depan mungkin akan membantu para peneliti menemukan siapa yang membangun piramida ini dan bagaimana, karena jawaban atas pertanyaan itu masih belum diketahui.

"Gunung Padang adalah saksi luar biasa, berpotensi menjadi piramida tertua di dunia. Penelitian lebih lanjut dan penelitian lintas disiplin akan mengungkap rahasia tersembunyi dan memberikan lebih banyak cahaya tentang peradaban kuno yang berkembang di situs misterius ini," tulis Hilman.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2215 seconds (0.1#10.140)