Spesifikasi KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992, Kapal Rumah Sakit TNI yang Siap Dikirim ke Gaza

Jum'at, 10 November 2023 - 12:07 WIB
loading...
Spesifikasi KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992, Kapal Rumah Sakit TNI yang Siap Dikirim ke Gaza
KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 sedang disiapkan untuk dikirim ke Palestina. Foto/MPI/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 merupakan salah satu Kapal Bantu Rumah Sakit (KBRS) yang dimiliki TNI Angkatan Laut . Kapal ini tengah dipersiapkan untuk menuju Palestina guna memberikan bantuan kemanusiaan.

Sebagaimana diketahui, perang Israel-Hamas masih terus berlanjut di Jalur Gaza. Akibat serangan-serangan brutal yang dilancarkan Israel, warga sipil Palestina juga banyak yang menjadi korban.

Pengerahan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 menjadi salah satu bantuan yang tengah dipersiapkan pemerintah Indonesia. Nantinya, kapal rumah sakit ini diharapkan bisa membantu merawat para pengungsi atau korban konflik tersebut.



Lantas, seperti apakah spesifikasi dari kapal rumah sakit bernama KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 ini?

Spesifikasi Kapal Rumah Sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992


KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 merupakan sebuah kapal bantu rumah sakit (KBRS) yang dimiliki Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pada riwayatnya, kapal ini diproduksi oleh PT PAL Indonesia (Persero).

Mengutip laman PAL Indonesia, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 ini adalah sister ship dari KRI dr Wahidin Sudirohusodo 991 yang sudah diserahterimakan pada Januari 2022. Sebagai informasi, keduanya dibekali spesifikasi fasilitas kesehatan yang serupa dengan Rumah Sakit Tipe C di darat atau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Pada spesifikasinya, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 memiliki panjang sekitar 124 meter. Sedangkan untuk performa, kapal ini mampu melaju hingga kecepatan 18 knot.



Lebih jauh, kapal buatan PAL ini mampu mengakomodir 12 jenis operasi berbeda. Pada beragam fasilitasnya, mereka juga menyediakan 2 unit Ambulance Boat, 2 unit LCVP (Landing Craft Vehicle Personel), hingga 1 unit RHIB (Rigid Hull Inflatable Boat).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)