Riset: Hal Ini yang Membuat Warga Palestina Tidak Takut Mati oleh Israel

Minggu, 12 November 2023 - 19:25 WIB
loading...
Riset: Hal Ini yang Membuat Warga Palestina Tidak Takut Mati oleh Israel
Tentara Zionis saat menggempur pemukiman Warga Palestina . FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
GAZA - Konflik Israel-Palestina telah berlangsung selama lebih dari 70 tahun. Selama itu, penduduk Palestina telah mengalami berbagai kekerasan dan kebrutalan dari pihak Israel. Namun, terlepas dari semua itu, penduduk Palestina tidak pernah benar-benar takut akan perang.



Seperti jurnal yang ditulis dalam Research Gate, ada beberapa penelitian yang mencoba menjelaskan mengapa penduduk Palestina tidak takut akan perang. Salah satu penelitian yang paling terkenal adalah penelitian yang dilakukan oleh psikolog sosial dari Universitas Haifa, Israel, bernama Tamar Saguy.

Dalam penelitiannya, Saguy menemukan bahwa penduduk Palestina memiliki tingkat resistensi stres yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk:

Kepercayaan akan agama dan budaya: Penduduk Palestina memiliki kepercayaan yang kuat akan agama dan budaya mereka. Hal ini memberikan mereka kekuatan dan dukungan untuk menghadapi berbagai kesulitan.

Dukungan dari keluarga dan komunitas: Penduduk Palestina memiliki hubungan yang kuat dengan keluarga dan komunitas mereka. Hal ini memberikan mereka rasa aman dan perlindungan.

Semangat nasionalisme: Penduduk Palestina memiliki semangat nasionalisme yang tinggi. Hal ini membuat mereka merasa terikat satu sama lain dan memiliki tujuan bersama.

Penelitian lain yang mendukung hasil penelitian Saguy adalah penelitian yang dilakukan oleh psikolog sosial dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, bernama Steven Stouffer.

Dalam penelitiannya, Stouffer menemukan bahwa penduduk Palestina memiliki tingkat harapan yang tinggi. Hal ini membuat mereka tetap optimis dan tidak mudah menyerah, bahkan di tengah situasi yang sulit.

Selain itu, penelitian lain juga menemukan bahwa penduduk Palestina memiliki tingkat empati yang tinggi. Hal ini membuat mereka lebih memahami penderitaan orang lain, termasuk orang Israel. Hal ini juga membuat mereka lebih sulit untuk membenci orang Israel, bahkan di tengah konflik yang terjadi.

Berdasarkan penelitian-penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa faktor yang membuat penduduk Palestina tidak takut akan perang.

Faktor-faktor tersebut membuat penduduk Palestina memiliki ketahanan psikologis yang kuat. Ketahanan psikologis ini memungkinkan mereka untuk menghadapi berbagai kesulitan, termasuk perang.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4554 seconds (0.1#10.140)