Cara Cerdas Hamas Gunakan RPG Al-Yasin untuk Hancurkan Tank Merkava Israel

Minggu, 12 November 2023 - 11:01 WIB
loading...
Cara Cerdas Hamas Gunakan RPG Al-Yasin untuk Hancurkan Tank Merkava Israel
militan Hamas menyerang tank Merkava Israel dengan RPG Al-Yasin dalam serangan jarak dekat.FOTO/ Armyrecognition
A A A
GAZA - Pada tanggal 8 November 2023, militan Hamas menyerang tank Merkava Israel dengan RPG Al-Yasin dalam serangan jarak dekat di kawasan Sheikh Radwan, Gaza. Serangan ini berhasil menghancurkan tank Merkava dan menewaskan tiga tentara Israel.



Dalam video yang beredar di media sosial Minggu (12/11/2023), terlihat dua militan Hamas bersembunyi di balik sebuah bangunan.

Mereka kemudian menembakkan RPG Al-Yasin ke arah tank Merkava yang sedang melintas di jalan. Rudal tersebut menghantam tank tepat di bagian depan, menyebabkan tank meledak dan terbakar.

Tiga tentara Israel yang berada di dalam tank tewas seketika dalam serangan tersebut. Pasukan Israel kemudian melakukan serangan balasan dengan menembaki kawasan Sheikh Radwan menggunakan artileri dan pesawat tempur.

Serangan ini merupakan salah satu dari serangkaian serangan yang dilakukan oleh Hamas dan kelompok-kelompok perlawanan Palestina lainnya terhadap Israel.

Serangan-serangan ini dipicu oleh eskalasi ketegangan di wilayah tersebut, termasuk serangan udara Israel ke Gaza pada tanggal 7 November 2023.

RPG Al-Yasin adalah rudal anti-tank buatan Palestina yang dirancang oleh Brigade Izzuddin al-Qassam, sayap militer Hamas.

Rudal ini memiliki panjang sekitar 1,5 meter dan berat sekitar 20 kilogram. Rudal ini dilengkapi dengan hulu ledak HEAT (High-Explosive Anti-Tank) yang dapat menembus armor tank hingga ketebalan 500 milimeter.

Serangan jarak dekat dengan RPG Al-Yasin merupakan salah satu taktik yang sering digunakan oleh kelompok-kelompok perlawanan Palestina untuk melawan tank Israel.

Taktik ini dinilai lebih efektif daripada serangan jarak jauh, karena memungkinkan militan untuk membidik tank dengan lebih akurat.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1772 seconds (0.1#10.140)