Ada Kuil Ajaib di India, Bayangan Makhluk Menghilang di Sini

Senin, 13 November 2023 - 17:00 WIB
loading...
Ada Kuil Ajaib di India, Bayangan Makhluk Menghilang di Sini
Fenomena hilangnya bayangan di kuil Brihadeeswarar sangat menarik dikaji. (Foto: Ancient Origins)
A A A
JAKARTA - Kuil di India menjadi tempat pemujaan sekaligus bukti karya arsitektur kuno yang tak ternilai. Ada satu kuil misterius di India yang menyimpan sejumlah sejarah dan keajaiban tidak ada bayangan di sini.

Dibangun pada masa pemerintah dinasti Chola pada tahun 1010 M oleh Raja Chola I, kuil Brihadeeswarar dikenal sebagai kuil yang sangat besar, kuil tersebut juga menjadi suatu keajaiban arsitektur. Menara kuil yang berdiri sekitar 66 meter.

Dikutip dari Ancinet Origins pada Senin (13/11/2023), pondasi dasar kuil menggunakan sepotong batu granit seberat 80 ton dirancang sedemikian rupa. Kekuatan gaya arsitektur kuil terlihat dari tata letaknya yang sangat sejajar sempurna dengan arah mata angin. Setiap komponen candi, mulai dari pintu masuk hingga tempat sembahyang suci ditempatkan dengan cermat.

Fenomena hilangnya bayangan di kuil ini yang menarik perhatian. Bukan sekadar kecerdasan arsitek, namun ada makna simbiolis yang mendalam.



Dalam filsafat Hindu, dengan merekayasa sebuah kuil yang kehilangan bayangannya pada siang hari, para arsitek Chola mencoba untuk menyampaikan gagasan untuk melampaui dunia fana dan bergerak menuju cahaya Ilahi abadi.

Meskipun alasan yang benar di balik desain yang sangat unik ini masih bersifat spekulatif, kuil ini terus menarik perhatian paara sejarawan, arsitek, dan spiritualis yang ingin memahami misterinya.



Berapa peneliti juga berpendapat bahwa desain tersebut bisa menjadi alat astronomi untuk menandai ekuinoks, mengingat keahlian anstronomi India kuno . Terlepas dari alasan yang mendasarinya, kuil Brihadeeswarar berdiri sebagai simbol abadi pencapaian arsitektur dan ilmu pengetahuan kuno.

MG/Athaya Ramadhan
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3778 seconds (0.1#10.140)