Arkeologi Temukan Kuil Buddha Tertua Melebihi Usia Siddhartha Gautama

Minggu, 18 September 2022 - 10:47 WIB
loading...
Arkeologi Temukan Kuil Buddha Tertua Melebihi Usia Siddhartha Gautama
Reruntuhan kuil dengan tinggi lebih dari tiga meter itu sejauh ini ditemukan di dekat pusat kota modern Barikot. FOTO/ IST
A A A
ISLAMABAD - Para arkeolog menemukan kuil kuno berasal dari abad awal agama Buddha di Lembah Swat, Pakistan Utara, membuatnya menjadi kuil Buddha tertua yang pernah ditemukan.

Tim berpendapat bahwa kuil tersebut berasal dari sekitar pertengahan abad kedua SM lebih tua dari pendiri agama Buddha, Siddhartha Gautama..

BACA JUGA - Arkeolog Temukan Kuil Matahari yang Hilang di Mesir

Pada saat Gandhara diperintah oleh kerajaan Indo-Yunani di India utara dan dibangun di atas kuil Buddha, sebelumnya yang mungkin berasal dari awal abad ketiga SM.

Dengan kata lain, orang-orang pada masa itu membangun kuil yang lebih tua dalam beberapa ratus tahun setelah kematian Siddhartha Gautama.

Kala itu, dia tinggal di tempat yang sekarang disebut India utara dan Nepal antara sekitar 563 SM dan 483 SM.

Reruntuhan kuil dengan tinggi lebih dari tiga meter itu sejauh ini ditemukan di dekat pusat kota modern Barikot.

Terdiri dari platform upacara yang di atasnya terdapat struktur silinder untuk meletakkan stupa.

Dilansir dari Live Sciene, kuil tersebut juga mencakup ruang untuk biksu, tangga, podium pilar, ruang depan, dan halaman umum yang menghadap ke jalan.

“Penanggalan radiokarbon belum menetapkan tanggal yang tepat dari struktur tersebut, tetapi kuil ini jelas merupakan salah satu monumen Buddha paling tua yang pernah ditemukan di wilayah Gandhara kuno,” kata Luca Maria Olivieri, arkeolog di Ca’ Foscari University of Venice dan Asosiasi Internasional untuk Mediterania dan Studi Oriental (ISMEO).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1072 seconds (10.101#12.26)