Mengenal Rudal Serpih Shrapnel yang Diduga Dipakai Israel Serang Rumah Sakit di Gaza

Senin, 13 November 2023 - 13:18 WIB
loading...
Mengenal Rudal Serpih Shrapnel yang Diduga Dipakai Israel Serang Rumah Sakit di Gaza
Serpihan rudal Sharpnel yang diduga digunakan Israel untuk menyerang Rumah Sakit Gaza. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Rudal serpih Shrapnel diduga dipakai Israel untuk menggempur Gaza . Terbaru, salah satu serangan kabarnya mengenai sebuah rumah sakit Indonesia yang berada di Gaza.

Mengutip Al Jazeera, Senin (13/11), serangan yang ditujukan untuk Rumah Sakit tersebut bukanlah kali pertama. Sebelumnya, Israel memang sudah kerap menjadikan fasilitas umum seperti Rumah Sakit ini sebagai target sasarannya.

Pekan lalu, militer Israel bahkan dilaporkan telah mengebom sebuah ambulans yang berada di luar Rumah Sakit. Akibatnya, ada belasan orang yang harus kehilangan nyawanya. Lantas, apa sebenarnya rudal serpih Shrapnel itu?

Mengenal Rudal Serpih Shrapnel
Mengenal Rudal Serpih Shrapnel yang Diduga Dipakai Israel Serang Rumah Sakit di Gaza

Rudal Shrapnel merupakan jenis senjata yang bisa menembakkan peluru-peluru kecil dengan kecepatan tinggi. Mengutip Britannica, jenis proyektil tersebut dinamai berdasarkan penemunya, yakni Henry Shrapnel (1761-1842).

Henry Shrapnel sendiri merupakan salah seorang perwira Inggris yang cukup dikenal di eranya. Ahli dalam bidang artileri, ia dikatakan berhasil membawa penemuan bernama rudal serpih Shrapnel.

Berbeda dengan rudal biasa, Shrapnel membawa peluru-peluru kecil yang dipadukan dengan bahan peledak. Pada serangan fatalnya, ledakan rudal ini bisa memunculkan serpihan-serpihan peluru di sekitar lokasi sasaran,

Rudal Shrapnel efektif digunakan selama era Perang Dunia I. Namun, setelahnya penggunaan senjata ini mulai ditinggalkan dan diganti dengan penemuan-penemuan baru.

Israel diduga menggunakan jenis rudal Shrapnel ketika menyerang Gaza. Terbaru, mereka menjadikan fasilitas umum seperti rumah sakit sebagai bagian dari sasarannya.

Terkait alasannya, Israel mengklaim bahwa fasilitas umum kerap digunakan serdadu Hamas untuk bersembunyi dan menyusun rencana. Mereka juga menuduh Hamas mengoperasikan pusat komando di lokasi seperti Rumah Sakit.

Baca Juga: RAAD-T Rudal Buatan Iran yang Bikin Tank Israel Memutar Balik

Menanggapi tuduhan tersebut, pihak Rumah Sakit dan Hamas membantah keras. Mereka pun menduga bahwa tuduhan tersebut hanya alibi Israel untuk menutupi kejahatannya.

Itulah rudal serpih Shrapnel, senjata yang diduga dipakai Israel untuk menyerang rumahsakitdiGaza.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)