Ilmuwan Klaim Manusia Bisa Hidup di Mars dengan Oksigen dari Batu-batuan

Selasa, 14 November 2023 - 16:55 WIB
loading...
Ilmuwan Klaim Manusia Bisa Hidup di Mars dengan Oksigen dari Batu-batuan
Manusia Bisa Hidup di Mars dengan Oksigen dari Batu-batuan. FOTO/ DAILY
A A A
CALIFORNIA - Manusia bisa hidup di Mars setelah para ilmuwan mengekstraksi oksigen dari batuan Mars . Oksigen adalah elemen penting bagi kehidupan manusia, dan tanpanya, manusia tidak akan bisa bertahan hidup di Mars.



Seperti dilansir dari Daily Start, Selasa (14/11/2023), saat ini, atmosfer Mars hanya mengandung sekitar 0,13% oksigen. Ini terlalu rendah untuk mendukung kehidupan manusia secara berkelanjutan. Untuk mengatasi masalah ini, para ilmuwan telah mengembangkan berbagai metode untuk mengekstraksi oksigen dari batuan Mars.

Salah satu metode yang paling menjanjikan adalah menggunakan elektrolisis. Elektrolisis adalah proses memecah air menjadi hidrogen dan oksigen menggunakan listrik. Air dapat ditemukan di Mars dalam bentuk es dan uap air.

Metode lain yang sedang dikembangkan adalah menggunakan fotokatalis. Fotokatalis adalah bahan yang dapat memecah air menjadi hidrogen dan oksigen menggunakan cahaya matahari.

Jika para ilmuwan dapat mengembangkan metode yang efisien untuk mengekstraksi oksigen dari batuan Mars, maka manusia akan dapat hidup di Mars secara berkelanjutan.

Eksploitasi oksigen dari batuan Mars masih dalam tahap awal penelitian. Namun, kemajuan yang telah dicapai sejauh ini menunjukkan bahwa metode ini memiliki potensi untuk menjadi solusi yang efektif untuk masalah kekurangan oksigen di Mars.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2532 seconds (0.1#10.140)