Penyelam Temukan 30.000 Koin Romawi di Lepas Pantai Italia

Selasa, 14 November 2023 - 18:59 WIB
loading...
Penyelam Temukan 30.000 Koin Romawi di Lepas Pantai Italia
Seorang penyelam menemukan puluhan ribu koin perunggu era Romawi di perairan Sardinia, Italia. Foto/Live Science
A A A
ROMA - Seorang penyelam menemukan puluhan ribu koin perunggu era Romawi di perairan Sardinia, Italia. Berdasarkan lokasi penemuan, para ahli berpendapat koin perunggu tersebut ada hubungannya dengan bangkai kapal yang belum ditemukan.

Perkiraan berat awal menyebutkan jumlah timbunan antara 30.000 dan 50.000 keping. Hanya empat yang rusak, bahkan ada prasasti yang terbaca, termasuk tanggal dan wajah.

Penyelam pria tersebut segera menghubungi pihak berwajib mengenai temuan tersebut, yang berada di dekat kota Arzachena. Menurut Kementerian Kebudayaan Italia, pemeriksaan lebih lanjut dilakukan para arkeolog.



“Diperkirakan folles, sejenis koin besar yang digunakan di kekaisaran Romawi dan Bizantium, dicetak antara tahun 324 dan 340 M. Semua berada dalam kondisi yang luar biasa dan langka,” demikian keterangan Kementerian Kebudayaan Italia dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Selasa (14/11/2023).

Harta karun yang ditemukan di perairan Arzachena mewakili salah satu penemuan numismatik terpenting dalam beberapa tahun terakhir. Koin-koin tersebut diperkirakan beredar pada masa pemerintahan Kaisar Romawi Konstantin Agung, yang berlangsung dari tahun 306 hingga 337 M.

“Penemuan ini mengingatkan kekayaan dan pentingnya warisan arkeologi di kedalaman laut kita,” ujar Luigi La Rocca, Direktur Umum Arkeologi, Seni Rupa dan Lanskap untuk Pulau Mediterania.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2257 seconds (0.1#10.140)