Pekerja Konstruksi Temukan Seribu Lebih Koin Berusia 700 Tahun

Sabtu, 24 Agustus 2024 - 22:05 WIB
loading...
Pekerja Konstruksi Temukan...
Ribuan koin kuno ditemukan oleh pekerja konstruksi di kawasan Glottertal, Jerman. Foto/Popular Mechanism
A A A
JERMAN - Seorang pekerja konstruksi secara tidak sengaja menemukan koin kuno saat bekerja memasang pipa bawah tanah di dekat kolam renang di kawasan Glottertal, Jerman.

Awalnya, Claus Völker hanya menemukan plat logam kecil di dalam tanah saat ia mulai bekerja pada bulan Mei lalu. Namun setelah para arkeolog turun tangan, 1.000 koin berhasil ditemukan di hari yang sama. Keesokan harinya, hujan mengubah tanah menjadi lumpur dan para arkeolog kembali menemukan sekitar 600 koin logam.

Andreas Haasis-Berner, arkeolog dari Kantor Negara untuk Pelestarian Monumen, mengatakan mayoritas koin berasal dari percetakan Breisach, Zofingen, dan Freiburg, yang dibuat sekitar tahun 1320 M. Koleksi tersebut juga mencakup koin-koin terisolasi yang dicetak di Basel, St. Gallen, Zurich, Laufenburg, dan Colmar.

Seberapa berharga koleksi tersebut pada saat koin-koin itu kemungkinan hilang di tanah Jerman? “Kamu bisa membeli sekitar 150 domba dengan koin-koin itu,” kata Haasis-Berner.



Para ahli memberikan kredit atas perhatian Völker dalam penemuan salah satu harta karun koin abad pertengahan yang paling luas dalam beberapa dekade terakhir. Tanpa penemuannya, koin-koin tersebut mungkin masih menjadi kumpulan barang-barang rongsokan di tanah.

Wilayah tempat koin-koin ditemukan mungkin menyimpan rahasia tersembunyi lain berdasarkan sejarah situs tersebut. “Glottertal telah menjadi salah satu daerah penambangan paling penting bagi para adipati Freiburg. Tempat di mana koin-koin ditemukan adalah area pemukiman utama bagi para penambang,” kata Haasis-Berner, dikutip dari Live Science.



Pada tahun 2016, di Swiss yang terletak di dekatnya, lebih dari 200 koin dari tahun 1300 ditemukan secara kebetulan di hutan dekat Zurich. Koin-koin tersebut hanya cukup untuk membeli 25 domba. Temuan-temuan ini, bersama dengan yang lainnya di wilayah tersebut, membantu menceritakan kisah sejarah, terkadang mengenai ketidakstabilan politik atau pembayaran untuk tentara bayaran.

Simpanan koin yang baru ditemukan tak hanya memberikan kabar gembira bagi penduduk wilayah tersebut, tapi juga bisa mengarah pada pemahaman yang lebih dalam tentang wilayah itu pada masa lampau.

“Evaluasi harta karun koin ini akan memungkinkan pernyataan tentang sirkulasi koin di Breisgau, aktivitas percetakan di tempat-tempat pembuatan koin, perdagangan perak, serta tentang penambangan di Glottertal,” kata Haasis-Berner.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1706 seconds (0.1#10.140)