Roket Hamas Berasal dari Mana? Ternyata Bukan Cuma dari Iran

Kamis, 16 November 2023 - 10:42 WIB
loading...
Roket Hamas Berasal dari Mana? Ternyata Bukan Cuma dari Iran
Anggota Brigade Izzedine al-Qassam, sayap militer gerakan Islam Palestina Hamas, ditampilkan pada bulan Januari 2017. Foto: Said Khatib/AFP/Getty Images/FILE
A A A
GAZA - Roket Hamas berasal dari mana? Ini mungkin menjadi pertanyaan banyak pihak yang penasaran mengingat Hamas bisa mendapatkan roket canggih untuk menggempur Israel.

Hamas merupakan kelompok pejuang kemerdekaan Palestina yang banyak terlibat melawan Israel. Daerah yang ditempati Hamas, yakni Gaza adalah wilayah yang miskin dan minim sumber daya.

Bahkan wilayah tersebut telah satu dekade lebih terisolasi dari dunia luar. Para ahli sempat berspekulasi jika senjata-senjata yang dimiliki Hamas saat ini adalah dari kedermawanan pihak luar.

Sumber Senjata Hamas


Menurut World Factbook CIA, Hamas memperoleh senjatanya melalui penyelundupan atau konstruksi lokal dan menerima sejumlah dukungan militer dari Iran.



Meskipun pemerintah Israel dan AS belum menemukan peran langsung Iran dalam serangan akhir pekan lalu, para ahli mengatakan Republik Islam telah lama menjadi pendukung utama militer Hamas. Mereka menyelundupkan senjata ke wilayah kantong tersebut melalui terowongan rahasia lintas batas atau kapal.

Bahkan disebutkan juga jika Iran telah mengirimkan rudal balistiknya ke Hamas, meskipun informasi tersebut belum bisa dikonfirmasi kebenarannya.

Selain diberi oleh Iran, Hamas juga disebutkan membeli beberapa roketnya. Dilansir dari WIO News, meskipun Hamas menjalin aliansi erat dengan Iran dan Suriah, Hamas juga membeli senjata, termasuk roket Fajr-3, Fajr-5, dan M302, dari sumber asing.

Persenjataan roket sangat penting bagi faksi-faksi Palestina, khususnya Hamas. Ini memungkinkan serangan jarak jauh yang hemat biaya dan relatif mudah.

Meski begitu, tidak semua senjata Hamas diperoleh dari luar. Beberapa media menyebutkan jika kelompok ini juga menciptakan senjatanya sendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2121 seconds (0.1#10.140)