Berapa Harga Roket Hamas yang Mengancam Kekuatan Militer Israel?

Rabu, 15 November 2023 - 22:11 WIB
loading...
Berapa Harga Roket Hamas yang Mengancam Kekuatan Militer Israel?
Roket yang diluncurkan Hamas ke wilayah Israel terlihat di malam hari. Foto: JPost
A A A
PALESTINA - Berapa harga roket Hamas yang digunakan untuk menyerang Israel? Ini kerap jadi pertanyaan banyak pihak. Mengingat paska serangan 7 Oktober 2023, ketegangan Hamas dan Israel masih belum menemukan titik terang.

Sudah berapa banyak amunisi dan biaya yang dikeluarkan keduanya untuk bisa saling bertahan di tengah ketegangan ini. Israel menggunakan Iron Dome untuk menghalau roket yang ditembakkan Hamas ke wilayah Tel Aviv.

Lantas berapa harga roket Hamas yang mampu mengancam kekuatan militer Israel? berikut ulasannya:

Harga Roket Hamas

Dilansir dari laman Jerusalem Post, berbeda dengan Hizbullah di Lebanon, yang memiliki sejumlah roket presisi jarak jauh yang mahal, Rubin mengatakan bahwa roket jarak jauh Hamas sebenarnya kurang akurat dibandingkan roket jarak pendeknya.

Laporan memperkirakan bahwa roket utama Hamas jarak pendek yang disebut Qassam berkisar harga antara USD300 atau Rp4,6 juta hingga USD800 atau Rp12,4 per buah.

Informasi publik mengenai harga roket jarak jauh Hamas seperti R-160, M-302D, M302-B, J-80, M-75, Fajr-3, Fajr-5 dan generasi kedua jauh lebih sedikit dibandingkan M-75.

Tal Inbar, mantan kepala pusat penelitian luar angkasa Fisher Institute, memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk melakukan misil ini adalah ribuan dollar per roket atau setara dengan dua hingga tiga kali lebih mahal dibandingkan dengan misi jarak pendek.

Menariknya, Inbar mengatakan meski biaya bahan dan pembuatan roket murah, namun ada biaya penyelundupan barang-barang tertentu dari Sinai, Sudan dan tempat-tempat lain untuk roket yang tidak dapat dibuat secara lokal.

Baca Juga: Roket Hamas Terobos Iron Dome Israel, Kendaraan dan Rumah Warga di Ashkelon Rusak

Pakar rudal Uzi Rubin dan Tal Inbar mengatakan, selisih biaya tidak cukup signifikan untuk menahan Hamas. Rubin, yang dianggap sebagai salah satu bapak pertahanan rudal Israel, mengatakan bahwa roket terbaik yang dimiliki Hamas pun relatif mudah dibuat, murah dan tidak dikenal karena jangkauannyayangluas.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5357 seconds (0.1#10.140)