Ahli Geologi Temukan Benua yang Hilang selama 155 Juta Tahun

Kamis, 16 November 2023 - 17:10 WIB
loading...
Ahli Geologi Temukan Benua yang Hilang selama 155 Juta Tahun
Benua yang Hilang selama 155 Juta Tahun. FOTO/ ABC NEWS
A A A
LONDON - Para ahli geologi menemukan sebuah benua yang diyakini telah hilang 155 juta tahun yang lalu. Mereka percaya benua ini lenyap sebelum adanya susunan daratan dan benua yang kita kenal sekarang, pernah ada benua super.



Bayangkan sebuah dunia di mana Amerika Selatan, Afrika, Australia berada dalam satu tempat.

Meskipun para ilmuwan telah mampu mengidentifikasi sebagian besar daratan besar ini berkat bukti geologis yang mereka tinggalkan, Argoland terbukti lebih sulit ditemukan – hingga saat ini.

Para peneliti dari Universitas Utrecht menjelaskan bagaimana mereka menemukan kata Argoland dalam siaran pers bulan lalu tentang penelitian yang mereka lakukan, yang memakan waktu tujuh tahun penuh.

“Para ahli geologi mengetahui bahwa sekitar 155 juta tahun yang lalu, sebuah benua sepanjang 5.000 km terputus dari Australia bagian barat dan hanyut. Mereka dapat melihatnya dari ‘kekosongan’ yang ditinggalkannya: sebuah cekungan yang tersembunyi jauh di bawah lautan yang dikenal sebagai Dataran Argo Abyssal,” kata rilis tersebut seperti dilansir dari Unilad, Kamis (16/11/2023)

Eldert Advokaat, salah satu penulis penelitian tersebut, menjelaskan bahwa Argoland telah terpecah, dan pecahan benua telah ditemukan. Mereka diyakini berada di bawah hutan yang menutupi sebagian besar wilayah Indonesia dan Myanmar.

“Situasi di Asia Tenggara sangat berbeda dengan tempat-tempat seperti Afrika dan Amerika Selatan, di mana sebuah benua terpecah menjadi dua bagian. Argoland terpecah menjadi banyak pecahan berbeda. Itu menghalangi pandangan kami tentang perjalanan benua ini,” katanya.

Ahli geologi Universitas Utrecht, Douwe van Hinsbergen, juga menjelaskan mengapa informasi ini penting dan dapat berguna bagi para ahli geologi dan peneliti saat ini.

“Jika benua bisa masuk ke dalam mantel dan menghilang seluruhnya, tanpa meninggalkan jejak geologis di permukaan bumi, maka kita tidak akan punya banyak gambaran tentang seperti apa bumi di masa lalu secara geologis,” katanya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)