Sabtu, 26 Februari 2022 - 08:17 WIB
Ilmuwan Temukan Balkanatolia, Benua Lama yang Hilang
Fosil hewan unik membantu para ilmuwan menemukan benua yang telah lama hilang yang disebut Balkanatolia. Foto: AP
EROPA - Ilmuwan mengklaim telah menemukan benua lama yang terlupakan. Benua yang tidak dikenali sebelumnya. Benua itu disebut Balkanatolia , menjadi jembatan antara Asia dan Eropa sekitar 40 juta tahun yang lalu.

Mereka menyimpulkan hal ini dari catatan fosil yang menunjukkan tanah Balkanatolia pernah menjadi tempat tinggal spesies berbeda seperti marsupial dan mamalia mirip kuda nil.

Hewan-hewan lokal itu mungkin akhirnya diambil alih oleh spesies lain yang bepergian dari Asia.

Perbedaan Penemuan Fosil
Ilmuwan Temukan Balkanatolia, Benua Lama yang Hilang

Para ilmuwan tidak menyangka akan menemukan sisa-sisa benua yang terlupakan di Balkan dan Anatolia, sebuah semenanjung di Asia barat.

Padahal, mereka mulanya berharap untuk memecahkan misteri ini: Mengapa fosil dari daerah itu tidak konsisten dengan fosil lain yang ditemukan di Eropa dan Asia.

”Ada beberapa laporan tentang fosil hewan yang sangat aneh. Dan kami benar-benar tidak tahu mengapa mereka berada di sana,” beber Alexis Licht, ilmuwan peneliti di Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis kepada Business Insider.

Licht menemukan bukti hewan berkantung yang biasa ada di Amerika Selatan dan embrithopods, mamalia seukuran gajah yang menyerupai kuda nil, yang endemik di Afrika.

Mereka juga menemukan sisa-sisa pleuraspidotheriids, mamalia purba yang diperkirakan telah menghilang sekitar 56 juta tahun yang lalu.

”Ini sangat tidak masuk akal,” kata Licht. ”Sulit menjelaskan mengapa fosil itu ada di sana selama periode waktu yang jauh lebih muda dari yang seharusnya,” tambahnya.