Spesifikasi dan Harga Tank Merkava Israel yang Bombardir Jalur Gaza

Jum'at, 17 November 2023 - 16:15 WIB
loading...
Spesifikasi dan Harga Tank Merkava Israel yang Bombardir Jalur Gaza
Tank Merkava menjadi salah satu persenjataan Israel untuk menyerang Jalur Gaza. Foto/Army Technology
A A A
JAKARTA - Spesifikasi dan harga tank Merkava Israel belakangan menjadi sorotan banyak pihak. Tank ini digunakan Israel sebagai salah satu persenjataan untuk menyerang Jalur Gaza .

Baru-baru ini, militan Hamas berhasil melumpuhkan salah satu tank Merkava milik Israel di kawasan Sheikh Radwan, Gaza. Dalam video yang tersebar di media sosial, tampak serdadu Hamas menembak tank tersebut menggunakan RPG Al-Yasin.

Tumbangnya salah satu tank andalan Israel tersebut tentu menjadi perdebatan. Terlebih, Merkava sendiri termasuk jenis tank canggih yang selalu mendapat peningkatan fitur seiring waktu.

Lantas, seperti apakah sebenarnya spesifikasi dan harga dari tank Merkava Israel? Simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Tank Merkava Israel


Merkava merupakan salah satu tank tempur yang dimiliki Israel. Melihat riwayatnya, tank ini telah dikembangkan dan diproduksi sejak tahun 1970-an.

Mengutip laman Defence Today, Jumat (17/11/2023), Merkava terbilang sebagai tank yang menarik dan kuat. Tank tersebut dibekali kemampuan daya tembak mengerikan hingga mobilitas tinggi ketika berada dalam pertempuran.



Pada pengembangannya, Merkava tercatat setidaknya memiliki empat varian. Salah satunya adalah Merkava 4.

Tank dengan bobot 65 ton itu pertama kali diproduksi pada 2001. Operasionalnya bersama Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dimulai tahun 2004.

Merkava 4 mampu membawa hingga delapan prajurit infanteri. Pada spesifikasinya, ada banyak peningkatan yang dibawa pengembang untuk menjadikannya lebih baik dari pendahulunya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)