Spesifikasi dan Harga Tank Merkava Israel yang Bombardir Jalur Gaza

Jum'at, 17 November 2023 - 16:15 WIB
loading...
A A A
Dalam dapur pacunya, Merkava 4 ditenagai mesin diesel V-12 yang mampu menyemburkan tenaga hingga 1.500 hp. Bekal ini diklaim mewakili pertumbuhan daya sebesar 25 persen jika dibandingkan mesin yang dipasang pada Merkava 3.

Beralih ke persenjataan, Merkava 4 membawakan meriam smoothbore 120 mm yang dikembangkan Israel Military Industries. Lagi dan lagi, senjata tersebut adalah hasil peningkatan dari meriam yang sebelumnya digunakan pada Merkava 3.



Kemudian, ada juga senapan mesin 7,62 mm serta sistem mortir 60 mm yang dioperasikan secara manual. Mortir tersebut diklaim mampu menembakkan peluru hingga jarak 2.700 m.

Harga Tank Merkava Israel


Saat ini, Israel diketahui tengah mengembangkan jenis tank baru yang dikatakan mirip Merkava. Tank canggih tersebut kabarnya memiliki harga serupa dengan Merkava varian 4M.

Laporan DefenseNews menunjukan bahwa tipe Merkava tersebut dibanderol sekitar USD3,5 juta atau setara Rp54 miliar. Namun, harga tersebut hanya diperuntukkan bagi Israel Defense Force (IDF).

Sedangkan untuk negara lain yang tertarik, harganya sudah berlipat. Salah satu sumber bahkan menunjukkan harganya mencapai USD10 juta atau sekitar Rp155 miliar.

Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga tank Merkava Israel yang bombardir jalur gaza.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)