Perubahan Cuaca Bikin Kapal Perang Rusia Mudah Terdeteksi Radar Ukraina

Minggu, 19 November 2023 - 21:50 WIB
loading...
A A A
Biasanya, gelombang radar akan merambat 15% lebih jauh dari cakrawala geometris saat memantul gelombang dari atmosfer dan kembali menuju permukaan planet. Selain itu, dalam cuaca normal, udara yang lebih tinggi dari permukaan tanah lebih dingin.
Perubahan Cuaca Bikin Kapal Perang Rusia Mudah Terdeteksi Radar Ukraina


Data meteorologi menunjukkan hari itu di lepas pantai Ukraina angin membawa massa udara yang hangat dan kering di atas lapisan atmosfer laut yang sejuk dan lembap. Pembalikan cuaca ini meluas dari daratan hingga ke lokasi kapal Moskva.

Model atmosfer menunjukkan bahwa inversi ini memungkinkan gelombang radar bergerak lebih jauh dari biasanya, sehingga kapal Moskva muncul di radar Ukraina. Begitu kapal Moskva muncul di radar, Ukraina menembakkan sepasang rudal Neptune.



“Hasilnya menunjukkan bahwa kondisi atmosfer harus dipertimbangkan dengan hati-hati, bahkan selama peperangan. Sebab, dampaknya terhadap propagasi (kemampuan) gelombang radar bisa sangat besar,” tulis para ilmuwan Swedia.

Tentu di lapangan banyak spekulasi yang membuat rudal anti-kapal Neptune mampu mendeteksi dan menjangkau posisi kapal Moskva. Salah satunya ada bocoran data dari sekutu yang menginformasikan koordinat lokasi kapal Moskva dan ada bantuan drone mata-mata yang memantau lebih dahulu.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2485 seconds (0.1#10.140)