Ilmuwan Temukan Fenomena Misterius yang Ubah Inti Bumi

Senin, 20 November 2023 - 14:46 WIB
loading...
Ilmuwan Temukan Fenomena Misterius yang Ubah Inti Bumi
Fenomena Misterius yang akan Ubah Inti Bumi. FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Sebuah fenomena misterius sedang mengubah inti Bumi. Fenomena ini pertama kali diamati oleh para ilmuwan sejak tahun 2019.

BACA JUGA - Inti Bumi Bocor Menyebabkan Bumi Setiap Tahunnya...

Mereka menemukan bahwa inti dalam Bumi, yang merupakan lapisan terdalam bumi, sedang mengalami peningkatan suhu dan tekanan.

Seperti dilansir dari Wion News, peningkatan suhu dan tekanan ini menyebabkan inti dalam bumi menjadi lebih panas dan padat. Hal ini dapat berdampak pada medan magnet Bumi, yang dihasilkan oleh gerakan cairan di inti luar bumi.

Para ilmuwan belum mengetahui secara pasti penyebab fenomena ini. Namun, mereka menduga bahwa hal ini mungkin disebabkan oleh perubahan komposisi kimia inti Bumi.

Perubahan komposisi kimia ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti aktivitas vulkanik atau perubahan komposisi kerak Bumi.

Fenomena ini masih dalam tahap penelitian. Para ilmuwan masih berusaha untuk memahami penyebab dan dampak fenomena ini terhadap Bumi.

Perubahan medan magnet bumi. Medan magnet Bumi melindungi bumi dari radiasi matahari dan angin matahari.

Perubahan medan magnet bumi dapat meningkatkan risiko terjadinya badai geomagnetik, yang dapat mengganggu sistem komunikasi dan navigasi.

Perubahan iklim. Medan magnet bumi juga berperan dalam mengatur suhu bumi. Perubahan medan magnet bumi dapat menyebabkan perubahan iklim global.

Peningkatan aktivitas vulkanik. Peningkatan suhu dan tekanan di inti Bumi dapat menyebabkan peningkatan aktivitas vulkanik.

Para ilmuwan akan terus memantau fenomena ini untuk memahami dampak jangka panjangnya terhadap Bumi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)