5 Fakta Menarik Okapi, Kerabat Jerapah yang Mirip Zebra

Selasa, 21 November 2023 - 20:05 WIB
loading...
5 Fakta Menarik Okapi, Kerabat Jerapah yang Mirip Zebra
Okapi atau jerapah hutan memiliki tubuh lebih mirip persilangan antara rusa dan zebra. (Foto: Britannica)
A A A
JAKARTA - Nama Okapi cukup asing di telinga masyarakat awam. Sejatinya, hewan ini masih berkerabat dengan jerapah namun tampilannya mirip zebra.

Okapi atau jerapah hutan memiliki tubuh lebih mirip persilangan antara rusa dan zebra. Okapi merupakan salah satu kerabat jerapah yang masih hidup.

Okapi yang memiliki nama ilmiah Okapia johnstoni ini berada di keluarga Giraffidae dan ordo Artiodactyla yang banyak ditemukan di alam liar, tepatnya Hutan Hujan Ituri di Republik Demokratik Kongo.

Okapi memiliki bulu yang tebal dan berminyak. Tubuh berminyaknya ini digunakan agar tubuhnya tetap kering saat hujan. Okapi juga memiliki kelenjar aroma di bawah kukunya yang digunakan untuk menandai wilayahnya.



Okapi jantan memiliki panjang tubuh sekitar 2,5 meter dengan tinggi 1,5 meter dan berat antara 200 sampai 300 kilogram. Sedangkan, okapi betina memiliki ukuran tubuh yang lebih tinggi dan berat dibandingkan okapi jantan.

Berikut fakta lain Okapi dikutip dari beberapa sumber:

1. Memiliki Corak Tubuh Unik


Meskipun okapi berkerabat dengan jerapah, bentuk okapi lebih mirip dengan rusa dan zebra. Corak tubuhnya yang mirip zebra dan rusa juga menjadi sangat unik.

Okapi memiliki bulu berwarna coklat tua dengan sisi wajah berwarna putih pucat. Dahi dan telinganya memiliki corak yang berwarna kemerahan kusam. Bagian bokong, paha, dan atas kaki bagian depan terdapat garis horisontal berwarna hitam putih. Sedangkan pada bagian kaki bawahnya berwarna putih dengan cincin hitam di atas kuku.

2. Hewan Soliter


Okapi merupakan hewan pemalu dan penyendiri. Okapi sendiri baru ditemukan pada 1901 oleh penjelajah Inggris di Hutan Hujan Kongo. Sebelumnya, okapi bahkan mendapatkan julukan hewan mistis karena sulit untuk ditemukan.

Okapi juga lebih banyak menghabiskan waktunya di antara tumbuhan lebat. Hal ini membuat okapi sulit ditemukan karena dapat menyatu dengan lingkungan berkat warna kulitnya. Namun, ada beberapa masa yang membuat okapi akan berkumpul dengan okapi lainnya seperti saat musim kawin.


3. Memiliki Lidah Panjang


Sama seperti kerabat jerapahnya, okapi juga memiliki lidah yang panjang dengan warna gelap. Lidahnya berfungsi untuk merobek daun dari dahan pohon. Lidahnya memiliki ukuran 14-18 inci atau sekitar 45 sentimeter.

4. Memiliki Cara Komunikasi Unik


Okapi memiliki cara berkomunikasi yang unik antara satu dengan yang lainnya. Okapi memiliki cara komunikasi sendiri, khususnya pada okapi betina dengan anaknya yang akan mengeluarkan infrasonik. Infrasonik merupakan suara yang tidak terdeteksi oleh manusia. Okapi yang akan dewasa bahkan tidak akan banyak bersuara, kecuali saat sudah siap berkembang biak.

Bayi okapi juga memiliki keunikan tersendiri saat ditinggal oleh induknya, yaitu dengan mengeluarkan suara mengembik, batuk, dan bersiul saat induknya pergi dari hadapannya.

5. Hewan Terancam Punah


Okapi masuk dalam daftar merah spesies terancam punah di IUCN. Bentuk dan corak tubuh yang unik menjadi salah satu alasan kepunahan okapi akibat perburuan oleh manusia. Predator seperti macan tutul juga menjadi ancaman okapi hidup di alam liar. Selain itu, okapi juga banyak kehilangan habitat akibat perusakan yang dilakukan oleh manusia.

MG/Vina Karlameta Suhandi
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1417 seconds (0.1#10.140)