7 Fakta Menarik Okapi, Unicorn Afrika yang Jarang Diketahui

Kamis, 17 Agustus 2023 - 07:38 WIB
loading...
7 Fakta Menarik Okapi, Unicorn Afrika yang Jarang Diketahui
Okapi adalah hewan langka yang dilindungi, dikenal karena mirip dengan Jerapah dan Zebra. Foto: ist
A A A
AFRIKA - Okapi merupakan salah satu hewan menarik dan endemik dari Afrika bagian tengah karena memiliki corak belang hitam putih seperti zebra.

Okapi ditemukan pada 1800-an dan hidup di hutan hujan Republik Demokratik Kongo. Meski memiliki corak hitam putih pada kakinya tetapi Okapi termasuk dalam anggota keluarga Jerapah, yang berarti Okapi berkerabat dekat dan menjadi satu-satunya kerabat dari Jerapah.

Okapi merupakan hewan yang pemalu dan penyendiri, mereka sangat mahir menghindari sorotan manusia.

Hal ini membuat Okapi sangat sulit untuk diamati oleh para peneliti atau ilmuwan. Meskipun populasi okapi sulit untuk ditemukan, bukan berarti kita tidak bisa mengetahui fakta menarik dari Okapi.

Berikut 7 Fakta Menarik Okapi yang Jarang Orang Ketahui

1. Mendapat Julukan sebagai Unicorn Afrika

Okapi memiliki kebiasaan bersembunyi saat mendengar orang datang, hal ini membuat keberadaan Okapi sulit untuk ditemukan dan jarang terlihat. Oleh karena itu, Okapi mendapat julukan sebagai unicorn Afrika.

2. Berkamuflase dengan Baik

Memiliki bulu yang tebal, tubuh yang gelap, dan kaki belang membuat Okapi sulit dilihat dengan cahaya redup dan sering kali menyatu dengan cahaya yang bersinar melalui cabang-cabang pohon di hutan. Corak hitam putihnya juga membantu Okapi sebagai kamuflase untuk menghindari hewan predator.

3. Memiliki Lidah yang Panjang
7 Fakta Menarik Okapi, Unicorn Afrika yang Jarang Diketahui

Okapi memiliki lidah yang cukup panjang yaitu sekitar 14-18 inci atau 45 cm. Okapi menggunakan lidah panjangnya untuk menjilati telinganya sendiri. Selain digunakan untuk menjilati telinga, lidah panjangnya juga digunakan untuk membersihkan matanya dan membantu okapi untuk menggapai dedaunan yang ada di hutan.

4. Memiliki Telinga yang Besar dan Cukup Fleksibel
7 Fakta Menarik Okapi, Unicorn Afrika yang Jarang Diketahui

Telinga besar okapi dapat bergerak ke segala arah untuk mendeteksi keberadaan predator dan mendengar suara yang datang secara bersamaan dari arah yang berbeda.

5. Memiliki Kelenjar Beraroma Bau

Okapi memiliki jenis kelenjar beraroma bau pada setiap jari kakinya. Okapi akan meninggalkan kelenjar tersebut saat berjalan menelusuri hutan untuk menandai daerah kekuasaan mereka.

Selain dengan kelenjarnya, Okapi juga menyemprotkan air seni ke semak-semak untuk menandai wilayah kekuasaannya. Okapi jantan biasanya memiliki daerah kekuasaan lebih luas karena dapat melakukan perjalanan sejauh 4 km.

6. Hanya Bisa Ditemukan di Satu Wilayah
7 Fakta Menarik Okapi, Unicorn Afrika yang Jarang Diketahui

Okapi hidup di wilayah hutan hujan dan hanya bisa ditemukan secara liar di wilayah Republik Demokratik Kongo tepatnya di hutan Ituri. Dilansir dari Discover Wildlife, okapi pernah hidup di Uganda tepatnya di hutan Semliki. Sayangnya, populasi Okapi di wilayah tersebut telah punah.


7. Termasuk Hewan yang Terancam Punah

Penurunan populasi Okapi disebabkan oleh hilangnya habitat, penebangan hutan, penambangan liar, dan pemukiman manusia. Selain itu, okapi juga diburu untuk diambil kulit dan dagingnya.

Berdasarkan data IUCN, penurunan populasi okapi mencapai 50 persen selama 24 tahun terakhir. Kini, hanya ada 25 ribu spesies Okapi yang masih hidupdialamliar.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2305 seconds (0.1#10.140)