Mengapa Kanguru Jago Bertinju? Ini 7 Faktanya!

Jum'at, 24 November 2023 - 17:17 WIB
loading...
Mengapa Kanguru Jago Bertinju? Ini 7 Faktanya!
Kanguru disebut memiliki kemampuan alami untuk bertinju. Hewan asal Australia tersebut juga dikenal dengan tingkah lakunya yang unik. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kanguru merupakan mamalia khas Australia yang sekaligus menjadi salah satu ikon dari negara tersebut. Penampilannya yang lucu dan menggemaskan membuat orang cenderung berpikir bahwa hewan ini merupakan hewan yang lembut dan ramah. Tapi, dibalik penampilan yang demikian terdapat fakta bahwa Kanguru memiliki kemampuan untuk berkelahi seperti tinju.

Berikut 7 fakta unik kanguru , mamalia khas Australia yang jago tinju, yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/11):

1. Memiliki kemampuan berkelahi

Sebagian besar kanguru, terutama kanguru jantan, memiliki kemampuan untuk berkelahi sebagai bentuk pertahanan. Mereka juga berkelahi untuk mempertahankan dominasinya atau mendapatkan pasangan dari kanguru lainnya. Tubuh yang kekar dengan otot yang besar membuat kanguru mudah berkelahi dan menang dari lawannya.

2. Merupakan hewan marsupial terbesar di bumi

Hewan marsupial adalah mamalia yang betinanya memiliki kantong perut (marsupium), yang juga dikenal sebagai hewan berkantung. Hewan marsupial yang ada di dunia sebagian besar berukuran kecil seperti Koala, Wombat, Sugar Glider, Opossum, Tasmanian Devil, Quoll, Numbat, dan Wallaby. Hal ini menjadikan Kanguru sebagai hewan marsupial terbesar di bumi.

3. Beberapa mampu melompat tinggi
Mengapa Kanguru Jago Bertinju? Ini 7 Faktanya!

Kanguru dikenal dengan cara berpindahnya yaitu melompat. Dengan melompat, kanguru dapat menghemat energinya dan membantu mereka menempuh jarak jauh dalam waktu singkat ketika mereka mencari makan.

Kanguru merah mampu melompat hingga kecepatan 35 meter per jam, melompat sejauh 1,8 dari tanah, dan mencapai hingga 7,6 meter dalam satu kali lompatan.

4. Bayi Kanguru mampu menunggu untuk berkembang hingga kantung ibunya kosong

Kanguru mengandung bayinya selama lima minggu. Setelah lima minggu, bayi Kanguru, atau dengan nama lain Joey, harus menggunakan kaki belakangnya untuk naik ke kantong ibunya. Di dalam kantong tersebut, Joey tinggal beberapa bulan agar dapat tumbuh dan berkembang.

Selagi Joey masih berkembang di dalam kantong, Kanguru betina bisa kembali mengandung. Tetapi, calon bayi Kanguru yang masih dikandung akan masuk ke dalam dormant state atau keadaan tidak aktif, sambil menunggu kantong Kanguru kembali kosong. Calon bayi Kanguru akan kembali berkembang ketika kantong tersebut sudah kosong.

5. Kanguru cenderung kidal

Sebagian besar hewan menggunakan tangan dalam kesehariannya, termasuk Kanguru. Berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh para peneliti, ditemukan fakta bahwa Kanguru menggunakan tangan kirinya sebagai yang utama. Kanguru menggunakan tangan kirinya untuk makan dan merawat dirinya. Kedua tangan Kanguru memiliki tugas yang berbeda, tangan kiri biasa digunakan untuk hal-hal yang presisi, dan tangan kanan untuk kekuatan.

6. Kanguru menggunakan buntut sebagai kaki tambahan

Kanguru menggunakan bantuan buntutnya sebagai kaki tambahan ketika hendak berpindah di dalam lingkungan yang cenderung sempit dan tidak membutuhkan kecepatan. Buntut Kanguru yang besar dan berotot ketangguhannya setara dengan kaki depan dan belakang bila disatukan.


7. Memiliki julukan ‘Mob’ ketika berkelompok

Kanguru yang berkelompok biasa disebut Mobs, Troops, atau Herds. Kanguru Mob yang terdiri dari beberapa lusin Kanguru biasanya dapat berganti keanggotaan karena adanya kelonggaran ikatan dari gerombolan tersebut. Gerombolan Kanguru jantan disebut sebagai Bucks, Boomers, atau Jacks, sedangkan yang betina disebut sebagai Does, Flyers, atau Jills.

MG/MiracleTania
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5639 seconds (0.1#10.140)