Kemampuan Bicara Manusia Purba Neanderthal Mirip Orang Modern

Minggu, 26 November 2023 - 12:16 WIB
Kemampuan Bicara Manusia Purba Neanderthal Mirip Orang Modern
Manusia Purba Neanderthal. FOTO/ WION NEWS
LONDON - Penelitian yang dilakukan oleh para ahli paleontologi dan linguistik menunjukkan bahwa Neanderthal memiliki kemampuan berbicara yang mirip dengan manusia modern.

Kesimpulan ini didasarkan pada analisis fosil tulang kerongkongan Neanderthal, yang menunjukkan bahwa mereka memiliki struktur yang sangat mirip dengan manusia modern.

Struktur tulang kerongkongan yang penting untuk berbicara adalah tulang hyoid, yang terletak di dasar tenggorokan.

Peneliti Stephen Wroe dari University of New England, Armidale, NSW, Australia, mengatakan: "Kami berpendapat bahwa temuan ini merupakan langkah yang sangat maju dan penting, karena menunjukkan bahwa cara berbicara mereka mirip manusia modern."

Dia juga mengatakan kepada BBC News bahwa penelitian ini tidak hanya mengubah pemahaman tentang Neanderthal, tetapi juga manusia modern.

"Banyak orang berpendapat bahwa kemampuan kita berbicara dan berbahasa adalah salah satu karakteristik paling mendasar dari manusia modern. Tapi apabila Neanderthal memiliki kemampuan seperti itu, maka mereka adalah benar-benar manusia." tegas Stephen.

Tulang hyoid berfungsi untuk menopang lidah dan pita suara, sehingga memungkinkan manusia untuk menghasilkan berbagai macam suara.

Analisis fosil tulang hyoid Neanderthal menunjukkan bahwa tulang ini memiliki bentuk dan posisi yang sama dengan tulang hyoid manusia modern.

Hal ini menunjukkan bahwa Neanderthal memiliki kemampuan untuk menghasilkan suara yang sama seperti manusia modern, termasuk suara vokal, konsonan, dan nada.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa Neanderthal memiliki otak yang berukuran relatif besar, yang merupakan salah satu ciri-ciri penting dari kemampuan berbicara. Otak yang besar memungkinkan manusia untuk memproses informasi kompleks yang diperlukan untuk berbicara, seperti tata bahasa dan semantik.

Berdasarkan bukti-bukti tersebut, para ahli menyimpulkan bahwa Neanderthal kemungkinan besar berbicara dalam bahasa yang sangat mirip dengan bahasa manusia modern.

Namun, bahasa Neanderthal mungkin kurang kompleks secara struktural dan kurang fleksibel secara fungsional dibandingkan dengan bahasa manusia modern.