Spesifikasi 3 Drone AI Israel, Salah Satunya Bisa Dikendalikan dengan Gerakan Tangan

Kamis, 30 November 2023 - 12:15 WIB
loading...
Spesifikasi 3 Drone AI Israel, Salah Satunya Bisa Dikendalikan dengan Gerakan Tangan
Sejumlah drone Israel telah dilengkapi teknologi AI (Artificial Intelligence). Foto/Robotic Gizmos
A A A
JAKARTA - Drone Israel menjadi salah satu perlengkapan militer yang cukup disegani. Selain dapat dikendalikan jarak jauh, drone buatan Israel juga telah menerapkan teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk beberapa pesawat tanpa awak ini.

Menurut laporan Daily Mail, saat konflik dengan Hamas di Gaza beberapa waktu lalu, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah mengembangkan dan mengerahkan persenjataan robot dan senjata otonom dalam jumlah besar.

Salah satu jenis persenjataan yang dikembangkan adalah drone AI. Pesawat tanpa awak yang dapat dikendalikan dari jarak jauh ini kemungkinan besar bakal punya andil dalam konflik yang akan datang.



Sedikitnya ada tiga jenis drone AI Israel yang telah diketahui sampai saat ini, yakni Elbit Lanius, Spears Ninox 40, dan Xtends Wolverine. Berikut ini spesifikasi lengkap dari ketiga drone Negeri Yahudi tersebut.

Spesifikasi 3 Drone AI Israel


1. Elbit Lanius

Spesifikasi 3 Drone AI Israel, Salah Satunya Bisa Dikendalikan dengan Gerakan Tangan

Foto/Elbit Systems

Pada tahun 2022, perusahaan teknologi robot Israel, Elbit Systems merilis produk baru bernama Elbit Lanius. Drone ini dapat digunakan sebagai senjata pembunuh dengan akurasi tinggi.

Bentuk Lanius didasarkan dari drone balap yang ramping dan kecil dengan kecepatan tinggi dan manuver mumpuni. Drone ini diklaim punya kecepatan mencapai 72 km/jam, dengan berat 1,25 kg.

Pesawat tanpa awak ini dapat dikendalikan melalui jaringan WiFi atau radio dari sebuah aplikasi. Drone ini juga mampu menjalankan profil penerbangan otonom tanpa intervensi.

Beberapa kemampuan yang dimiliki drone ini didapat berkat teknologi kecerdasan buatan (AI) yang didukung oleh prosesor NVIDIA Jetson TX2. Elbit Systems menjelaskan jika drone buatannya tersebut dirancang untuk melakukan navigasi GPS, pemindaian, dan pemetaan di semua lingkungan pertempuran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)