Cara Menentukan Umur Dinosaurus, Ilmuwan Pakai 2 Metode Ini

Kamis, 07 Desember 2023 - 07:00 WIB
Cara Menentukan Umur Dinosaurus, Ilmuwan Pakai 2 Metode Ini
Cara Menentukan Umur Dinosaurus. FOTO/ DAILY
LONDON - Untuk mengetahui berapa umur dinosaurus seperti dikutip dari laman fossilera, ada dua metode utama, yaitu penanggalan relatif dan penanggalan absolut.

BACA JUGA - Dikira Batu Akik Ternyata Telur Dinosaurus Berumur 60 Juta Tahun

Penanggalan relatif digunakan untuk menentukan perkiraan usia dinosaurus dengan membandingkannya dengan batuan dan fosil serupa yang usianya diketahui.

Sedangkan penanggalan absolut digunakan untuk menentukan usia suatu fosil secara tepat dengan menggunakan penanggalan radiometrik untuk mengukur peluruhan isotop, baik di dalam fosil atau lebih sering pada batuan yang terkait dengannya.

Seperti dilansir dari IFL Science, Ilmuwan menggunakan dua metode utama untuk menentukan umur fosil dinosaurus, yaitu:

Metode indeks fosil

Metode ini didasarkan pada prinsip bahwa fosil tertentu hanya ditemukan pada periode waktu tertentu. Dengan membandingkan fosil dinosaurus dengan fosil-fosil lain yang sudah diketahui umurnya, ilmuwan dapat memperkirakan umur fosil dinosaurus tersebut.

Metode penanggalan radiometrik

Metode ini didasarkan pada prinsip bahwa unsur-unsur radioaktif akan meluruh secara alami dengan kecepatan yang konstan. Dengan mengukur jumlah unsur radioaktif dan produk lumuran, ilmuwan dapat menghitung usia fosil tersebut.

Metode penanggalan radiometrik adalah metode yang paling akurat untuk menentukan umur fosil dinosaurus. Metode ini dapat digunakan untuk fosil yang berusia hingga miliaran tahun.