7 Fakta Unik Ikan Mola, Bisa Menghasilkan 300 Juta Telur

Kamis, 07 Desember 2023 - 12:23 WIB
loading...
7 Fakta Unik Ikan Mola, Bisa Menghasilkan 300 Juta Telur
Ikan mola sangat suka mengapung di permukaan air untuk berjemur. (Foto: Lotusbungalows.com)
A A A
JAKARTA - Mola atau ocean sunfish adalah ikan omnivora yang memiliki nama ilmiah Mola mola. Nama ikan mola berasal dari bahasa latin ‘mola’ yang berarti penggilingan. Nama ini disematkan untuk ikan mola karena memiliki kemiripan dengan batu giling yang digunakan untuk menggiling biji-bijian.

Ikan mola merupakan hewan omnivora. Biasanya, ikan mola akan memakan ubur-ubur, ikan-ikan kecil, zooplankton, dan alga. Umumnya, ikan mola tidak berbahaya bagi manusia, tetapi akan mendekati manusia yang menyelam ke laut.

Ikan mola termasuk dalam ikan bertulang berat. Panjang tubuhnya bisa mencapai 3,3 sampai 4,3 meter dengan berat mencapai 2.540 kilogram atau setara dengan 2,5 ton.

Berikut fakta unik ikan mola dikutip dari berbagai sumber:

1. Hewan Soliter


Ikan mola termasuk hewan soliter. Mereka lebih menyukai hidup sendiri dibandingkan dengan kawanannya. Kesendiriannya ini membuat ikan mola betina sulit untuk mencari dan menemukan pasangan. Hal ini membuat ikan mola yang sudah mendapatkan pasangan akan memiliki banyak telur.


2. Menghasilkan Banyak Telur


Ikan mola memiliki keunikan yang jarang dimiliki oleh hewan lain. Ikan mola, khususnya ikan mola betina bisa bertelur lebih dari 300 juta telur sekaligus. Perkawinan yang jarang dilakukan membuat ikan mola akan bertelur lebih banyak dibandingkan dengan vertebrata lain untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Suka Berjemur


Ikan mola memiliki kebiasaan unik yang jarang ditemukan oleh ikan-ikan lain. Ikan mola sangat suka untuk mengapung di permukaan air untuk berjemur. Kegiatan berjemur ini dilakukan untuk mengatur suhu tubuhnya sebelum menyelam di laut yang dalam.

4. Memiliki Banyak Parasit


Ikan mola memiliki banyak parasit yang menempel di tubuhnya. Beberapa penelitian mencatat bahwa ikan mola bisa membawa lebih dari 50 parasit yang berbeda. Hal ini juga yang membuat ikan mola melakukan kebiasaan uniknya yaitu berjemur untuk membersihkan tubuhnya dari parasit dengan membiarkan burung laut membersihkannya.


5. Tidak Memiliki Sisik dan Ekor


Keunikan lain dari ikan mola adalah tidak memiliki sisik dan ekor. Tubuh ikan mola tidak bersisik tetapi ditutupi kulit yang tebal dan elastis. Bahkan, ketebalannya bisa mencapai 7,5 cm. Ikan mola juga tidak memiliki ekor. Namun, ikan mola memiliki clavus atau sejenis ekor semu yang berbentuk kipas.

6. Bisa Berenang dan Melompat


Meskipun tidak memiliki ekor, ikan mola termasuk dalam hewan yang bisa bergerak atau berenang dengan cepat. Mereka menggunakan sirip punggung dan sirip perutnya yang panjang untuk membantunya bergerak. Bahkan, ikan mola juga bisa melompat sangat tinggi yaitu 3 meter keluar dari air.

7. Rentan Punah


Ikan mola masuk dalam daftar merah IUCN yang dianggap sebagai populasi rentan kepunahan. Kepunahan terhadap populasi ikan mola disebabkan oleh jaring insang yang hanyut dan kemudian tersangkut di ikan mola. Banyaknya sampah di laut seperti plastik yang menyerupai ubur-ubur juga membuat ikan mola mati.

MG/Vina Karlameta Suhandi
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1810 seconds (0.1#10.140)