Sabtu, 15 Oktober 2022 - 09:33 WIB
Terbesar di Dunia, Mola-mola Raksasa Seberat 3 Ton Ditemukan di Portugal
Seekor mola-mola raksasa seberat 3 ton ditemukan di lepas pantai Pulau Faial, Azores, sekelompok pulau di wilayah Portugal di Samudra Atlantik Utara. Foto/LiveScience
LISABON - Seekor mola-mola raksasa seberat 3 ton ditemukan di lepas pantai Pulau Faial, Azores, sekelompok pulau di wilayah Portugal di Samudra Atlantik Utara. Raksasa sisik, yang dikenal sebagai sunfish raksasa atau sunfish bump-head (Mola alexandrini), ditemukan mengapung tak bernyawa.

Ikan raksasa itu memiliki tinggi 3,6 meter dan panjang 3,5 meter, dan berat 2.744 kilogram atau sekitar 3 ton. Para peneliti melakukan nekropsi untuk menganalisis isi perut mola-mola dan mengambil sampel DNA-nya.

Para peneliti merinci hasilnya dalam sebuah studi baru, yang diterbitkan 11 Oktober di Journal of Fish Biology. “Ikan mati ini benar-benar spesimen agung,” kata Jose Nuno Gomes-Pereira, seorang ahli biologi kelautan di Atlantic Naturalist Association, kepada Live Science dikutip SINDOnews, Sabtu (15/10/2022).

Rekor dunia sebelumnya untuk ikan bertulang terberat dipegang oleh mola-mola raksasa lain yang ditangkap di Jepang pada tahun 1996. Menurut Guinness World Records, berat mola-mola itu sekitar 2.300 kg.

Pada bulan Juni 2022, para nelayan di Kamboja menangkap ikan air tawar terberat di dunia, ikan pari air tawar raksasa (Urogymnus polylepis) sepanjang 4 meter yang beratnya mencapai 300 kg. Mola-mola raksasa dapat ditemukan di seluruh dunia, tetapi jumlah pastinya tidak diketahui.
Terbesar di Dunia, Mola-mola Raksasa Seberat 3 Ton Ditemukan di Portugal

Mola-mola raksasa sebelumnya telah salah diklasifikasikan sebagai individu yang luar biasa besar dari mola mola laut yang lebih umum. Mola-mola yang tumbuh sekitar setengah ukuran raksasa yang baru ditemukan oleh M Alexandrini diklasifikasikan sebagai spesies unik pada tahun 2018.

Mola-mola juga disebut Sunfish karena suka berjemur di bawah sinar matahari di permukaan laut. Para ilmuwan mengatakan, mola-mola berjemur untuk memanaskan kembali tubuhnya setelah lama menyelam ke perairan yang dingin dan gelap untuk mencari makanan.