Kamis, 07 Desember 2023 - 15:08 WIB
Mengenal Burung Gajah, Raksasa yang Pernah Hidup di Bumi
Spesies terbesar burung gajah bisa mencapai tinggi hingga 3 meter dan berat lebih dari 700 kilogram. (Foto: YuRi Photolife)
JAKARTA - Burung Gajah diyakini sebagai burung terbesar di dunia. Keberadaan serta kepunahaannya yang misterius telah menjadi subjek penelitian selama bertahun-tahun, hingga fosil telurnya ditemukan.

Burung asli Madagaskar itu adalah raksasa yang menjulang tinggi. Spesies terbesar burung gajah bisa mencapai tinggi hingga 3 meter dan berat lebih dari 700 kilogram. Dimensi ini bukan hanya menjadikannya burung terbesar pada zamannya, tetapi juga burung terbesar yang pernah hidup.

Habitat Burung Gajah

Madagaskar, sebuah pulau di lepas pantai tenggara Afrika, menjadi rumah eksklusif burung gajah. Tempat perlindungan terisolasi ini berpisah dari subbenua India sekitar 90 juta tahun lalu, menciptakan suaka evolusioner yang menghasilkan beberapa flora dan fauna paling unik, termasuk burung gajah.

Dikutip dari Discover Magazine, Kamis (7/12/2023) adaptasi burung gajah terhadap lingkungan ini menjadi saksi kekayaan dan keragaman lanskap Madagaskar, mulai dari hutan hujan dan lahan basah hingga gurun dan savana.

Di habitat yang beragam ini, burung gajah berkembang dengan baik. Isolasi Madagaskar juga kemungkinan besar memainkan peran penting dalam perkembangan ukuran luar biasa burung gajah, fenomena yang dikenal sebagai gigantisme pulau.

Burung Gajah Tak Bisa Terbang

Karena ukurannya yang sangat besar, burung gajah tidak bisa terbang. Kaki jenjang dan kuat burung gajah menunjukkan spesies ini beradaptasi untuk menjalani hidup di hutan dan dataran Madagaskar.

Makanan Burung Gajah

Meskipun ukurannya besar, burung gajah diyakini sebagai raksasa yang lembut. Burung Gajah makan tumbuhan yang melimpah di Madagaskar seperti daun, buah, biji, dan rumput.

Tidak banyak yang diketahui tentang kebiasaan sarang dan berkembang biak burung gajah, tetapi para paleontolog telah menyusun petunjuk dari pecahan cangkang telur yang ditemukan di pulau itu. Telur-telur ini, beberapa di antaranya adalah yang terbesar yang pernah diletakkan oleh hewan apa pun.

Kepunahan Burung Gajah

Burung gajah diyakini telah punah sekitar 1.000 tahun lalu. Ada beberapa teori mengenai kepunahan burung gajah, salah satunya akibat campur tangan manusia. Saat manusia merambah Madagaskar, habitat burung gajah mulai menyusut.

Hutan ditebang, dan tanah digunakan untuk pertanian dan pemukiman, mendorong burung-burung raksasa ini keluar dari rumah alaminya. Selain itu, bukti menunjukkan bahwa manusia tidak hanya menyerang habitat burung gajah, tapi juga memburu burung-burung tersebut.

Temuan arkeologis, termasuk pecahan cangkang telur dan tulang dengan tanda potongan yang jelas, menggambarkan gambaran predasi manusia. Burung gajah, karena ukurannya dan ketidakmampuannya terbang, menjadi target yang relatif mudah bagi pemburu. Telur burung gajah juga cukup besar menjadikannya sumber daya yang menggiurkan bagi para penduduk awal di Madagaskar .