5 Fakta Pari Manta, Pari Terbesar di Dunia yang Sudah Langka

Jum'at, 08 Desember 2023 - 09:31 WIB
loading...
5 Fakta Pari Manta, Pari Terbesar di Dunia yang Sudah Langka
Pari manta adalah hewan raksasa yang sangat elegan tapi juga menjadi langka karena banyak diburu. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Pari manta adalah pari laut yang masuk dalam kelas Selachii dan keluarga Mobulidae. Apa keunikannya?

Pari manta memiliki bentuk pipih dan lebar. Pari manta memiliki sirip dada yang besar dan berdaging sehingga terlihat seperti sayap. Pari tersebut juga memiliki ekor pendek seperti cambuk dan beberapa spesiesnya memiliki satu atau lebih duri yang bisa menyengat.

Pari manta banyak ditemukan di perairan hangat di sepanjang benua dan pulau. Mereka akan berenang di dekat permukaan dengan mengepakkan sirip yang ada di dadanya. Terkadang, pari manta juga melompat dan jungkir balik keluar dari air.

Berikut fakta pari manta dikutip dari berbagai sumber.

1. Menyukai Perairan Terbuka
5 Fakta Pari Manta, Pari Terbesar di Dunia yang Sudah Langka

Pari manta sangat menyukai perairan yang terbuka di daerah tropis dan subtropis. Mereka juga menyukai menggali dasar laut berpasir untuk membersihkan dirinya.

2. Hewan Cerdas

Sama seperti lumba-lumba, pari manta juga termasuk hewan yang cerdas. Pari manta memiliki rasio otak yang cukup besar. Bahkan, pari manta disebut sebagai hewan yang memiliki rasio otak terhadap berat badan terbesar dibandingkan ikan lainnya. Beberapa penelitian juga mencatat bahwa pari manta bisa mengenali dirinya sendiri di cermin. Kemampuan ini menunjukkan fungsi kognitif yang tinggi.

3. Termasuk Pari Terbesar di Dunia
5 Fakta Pari Manta, Pari Terbesar di Dunia yang Sudah Langka

Dibandingkan tinggi, pari manta cenderung hewan yang memiliki bentuk lebar. Lebar tubuhnya bisa lebih panjang dibandingkan tingginya. Pari manta kecil memiliki lebar tubuh 60 cm dan pari manta besar bisa mencapai lebar 7 meter. Beratnya juga bisa mencapai rata-rata 1,5 ton. Hal ini membuat pari manta disebut sebagai pari terbesar di dunia.

4. Ikan yang Ramah
5 Fakta Pari Manta, Pari Terbesar di Dunia yang Sudah Langka

Terdapat beberapa jenis pari yang disebut sebagai predator. Salah satunya adalah pari setan. Pari setan memiliki ciri fisik yang mirip dengan pari manta. Hal ini membuat pari manta dianggap sebagai hewan yang ganas. Perbedaan utamanya adalah pari setan memiliki sayap yang lebih runcing dan sirip seperti tanduk. Sedangkan pari manta memiliki alat penyedot plankton berbentuk telinga labrador. Pari manta juga terkenal dengan keramahannya kepada manusia karena menyukai perairan yang terbuka.

Baca Juga: Ikan Pari Raksasa Langka Ditangkap Warga di Sungai Mahakam

5. Hewan Langka
5 Fakta Pari Manta, Pari Terbesar di Dunia yang Sudah Langka

Pari manta termasuk sebagai hewan yang langka. IUCN mencatat bahwa pari manta adalah spesies hewan yang tergolong rentan kepunahan. Ancaman terbesarnya adalah penangkapan ikan secara berlebihan. Perburuan terhadap pari manta untuk diambil daging dan insangnya juga sering dilakukan oleh beberapa orang.

Pari manta juga sering ditangkap untuk dijadikan obat dan diambil siripnya. Kemudian, siripnya akan dijual denganhargatinggi.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4882 seconds (0.1#10.140)