Jum'at, 23 Desember 2022 - 07:15 WIB
Hiu paus menjadi ikan terbesar di dunia dengan berat mencapai 21 ton. Foto: ist
JAKARTA - Ikan terbesar di dunia penting diketahui. Faktanya, banyak sekali ikan berukuran raksasa yang masuk dalam daftar terancam punah. Padahal umumnya mereka berada di puncak ekosistem. Jadi, banyak diantara ancaman ikan-ikan terbesar di dunia datang dari manusia.

Nah, berikut adalah ikan-ikan terbesar di dunia:

8. Pari Manta Karang
Manta alfredi adalah spesies pari terbesar kedua dan spesies ikan terbesar kesepuluh yang hidup di dunia saat ini. Ikan ini umumnya ditemukan di perairan laut tropis dan subtropis. Berat ikan bisa mencapai 1,4 ton dan panjang hingga 5,5 m.

Pari Manta mengkonsumsi zooplankton. Musuh terbesar Pari Manta adalah aktivitas manusia seperti penangkapan ikan yang berlebihan. Oleh karena itu, Pari Manta Karang merupakan spesies Rentan dalam Daftar Merah IUCN.

7. Ikan Sturgeon Beluga
8 Ikan Terbesar di Laut, Nomor 1 Beratnya Sama dengan Bis

Ikan Sturgeon Beluga adalah spesies yang terancam punah. Habitat ikan terbatas pada Laut Hitam, Kaspia, dan Laut Adriatik. Manusia mengeksploitasi spesies ini untuk kaviar beluga, yang sangat mahal.

Penangkapan ikan yang tidak diatur dan kegiatan perburuan sangat mengurangi populasi ikan ini. Spesimen sturgeon beluga terbesar yang diketahui telah ditemukan dengan panjang 7,1 meter dan berat 1.571 kg.

6. Mola ekor tajam
8 Ikan Terbesar di Laut, Nomor 1 Beratnya Sama dengan Bis

Masturus lanceolatus adalah spesies mola yang hidup di perairan laut tropis dan sedang di dunia. Spesies ini sulit dipahami, karena jarang terlihat. Ikan Mola ekor tajam dapat mencapai panjang sekitar 3,3 meter dan berat 2 ton. Mola ekor tajam memakan berbagai spesies termasuk annelida, spons, dan ikan kecil.

5. Mola Mola
8 Ikan Terbesar di Laut, Nomor 1 Beratnya Sama dengan Bis

Mola mola adalah ikan bertulang terbesar yang masih hidup di dunia. Ikan dewasa dari spesies ini memiliki berat sekitar 2,3 ton dan dapat tumbuh hingga panjang maksimum 3 meter. Karena bentuknya yang unik, ikan Mola dapat mencapai ketinggian yang setara dengan panjangnya. Ikan ini menghuni lautan tropis dan sedang di dunia. Mereka memakan jeli laut dalam jumlah besar.

4. Pari Manta Ray
8 Ikan Terbesar di Laut, Nomor 1 Beratnya Sama dengan Bis

Manta birostris adalah spesies ikan pari terbesar di dunia. Panjangnya dapat mencapai 7 meter dan berat sekitar 3 ton. Pari Manta hidup di lautan tropis dan subtropis. Makanannya plankton, dan umumnya berenang berkelompok dengan anggota lain dari spesies yang sama atau spesies laut lainnya.

3. Tiger Shark
8 Ikan Terbesar di Laut, Nomor 1 Beratnya Sama dengan Bis

Cuvier Galeocerdo atau Hiu Macan adalah salah satu spesies ikan terbesar. Panjangnya bisa mencapai lebih dari 4,8 meter dan berat sekitar 3 ton. Populasi spesies ini tersebar luas di lautan tropis dan sedang.