Ilmuwan Temukan Jawaban Penyebab Ikan Pari Bisa Hamil tanpa Jantan

Minggu, 25 Februari 2024 - 09:47 WIB
loading...
Ilmuwan Temukan Jawaban Penyebab Ikan Pari Bisa Hamil tanpa Jantan
Penyebab Ikan Pari Bisa Hamil tanpa Jantan terkuak. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Peristiwa di akuarium penelitian di North Carolina, Amerika Serikat (AS) bisa dibilang aneh namun nyata. Seekor ikan pari bulat berjuluk Charlotte dikabarkan hamil tanpa pasangan jantan dari spesies yang sama.



Awalnya, para ilmuwan di Team ECCO Aquarium & Shark Lab di Hendersonville mengira 'baby bump' pada ikan tersebut adalah tumor.

"Tes USG memastikan Charlotte hamil. Kami semua terkejut karena dia hanya dikelilingi oleh beberapa hiu di akuarium yang sama," kata Direktur Eksekutif fasilitas tersebut, Brenda Ramer.

Menurutnya, pemeriksaan yang dilakukan terhadap Charlotte menemukan ada tanda-tanda kemungkinan ia kawin dengan hiu.

“Itu skenario yang mungkin terjadi, meski agak tidak masuk akal. Charlotte sudah waktunya berkembang biak dan tidak harus spesies yang sama,” jelasnya.

Fenomena ini dikenal sebagai partenogenesis adalah proses reproduksi seksual di mana sel telur berkembang menjadi embrio tanpa dibuahi oleh sperma.

Pada ikan pari bulat, partenogenesis terjadi secara alami dan merupakan bagian dari siklus reproduksi mereka.

Dua jenis partenogenesis yang diketahui terjadi pada ikan pari bulat:

Partenogenesis obligat: Pada beberapa spesies, seperti pari marmer (Taeniura meyeni), partenogenesis adalah satu-satunya cara reproduksi. Betina menghasilkan telur yang secara otomatis berkembang menjadi embrio tanpa memerlukan sperma.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2150 seconds (0.1#10.140)