Ilmuwan Islam Membuat Robot Jauh sebelum Barat Mengenal Teknologi

Minggu, 10 Desember 2023 - 14:36 WIB
loading...
Ilmuwan Islam Membuat Robot Jauh sebelum Barat Mengenal Teknologi
al-Jazari mengembangkan penemuannya dalam bentuk Robot Burung Merak Otomatis yang Dapat Bergerak. FOTO/ National Geographi
A A A
KAIRO - Dalam buku Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices terkuak ilmuwan Islam telah membuat robot sejak pertengah jauh sebelum barat mengenal teknologi robot.



Al-Jazari, seorang insinyur dan penemu Muslim abad pertengahan, adalah salah satu penemu paling inovatif di zamannya. Ia dikenal karena karyanya yang luas dalam bidang mekanika, dan telah dijuluki sebagai "bapak robotika".

Seperti dilansir dari National Geographic., alah satu penemuan paling terkenal Al-Jazari adalah robot pelayan yang ia gambarkan dalam bukunya, Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices.

Al-Jazari juga menciptakan Robot Pencuci Tangan Otomatis dengan mekanisme pengurasan. Kini, mekanisme yang dikembangkan oleh Al-Jazari ini digunakan dalam sistem kerja toilet modern.

Robot pencuci tangan otomatis berbentuk seorang wanita yang berdiri dengan sebuah baskom berisi air. Ketika seorang pengguna menahan tuas, air akan mengering dan robot wanita itu akan kembali mengisi baskom dengan air.

Robot lain yang diciptakan al-Jawari adalah, Robot Air Mancur Burung Merak. Robot ini dibuat sebagai pengganti pembantu atau pelayan. Tujuannya adalah memudahkan seseorang saat membersihkan tangan, karena robot burung merak itu akan menawarkan sabun dan handuk secara otomatis.

Selain itu, al-Jazari mengembangkan penemuannya dalam bentuk Robot Burung Merak Otomatis yang Dapat Bergerak. Ia menggerakkan robot burung merak tersebut dengan menggunakan tenaga air.

Al-Jazari juga menciptakan Robot Manusia (humanoid). Robot ini dapat diprogram. Penemuan ini jauh sebelum Leonardo da Vinci dari Italia sanggup merancang robotnya pada tahun 1478, yang selama ini diklaim sebagai perintis robot pertama. Prinsip automasi humanoid inilah yang telah mengilhami pengembangan robot saat ini.

Begitu banyak peninggalan al-Jazari dalam bidang mesin maupun robot. Tidak salah para ilmuan menamai al-Jazari sebagai sang insinyur mesin dan sang penemu robot.

Saat ini, perkembangan robot berkembang pesat. Sejalan dengan kamajuan teknologi, sekarang ini banyak robot digunakan untuk membantu pekerjaan manusia.

Selain itu, robot juga banyak digunakan untuk keperluan berbagai bidang seperti kemiliteran, industri, atau kesehatan. Dan dunia saat ini memberikan penghargaan besar kepada Al-jazari sebagai penemunya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)