Tengkorak Musuh Bebuyutan Megalodon Ditemukan di Pantai Dorset

Senin, 11 Desember 2023 - 08:41 WIB
loading...
Tengkorak Musuh Bebuyutan Megalodon Ditemukan di Pantai Dorset
Fosil Pliosaurus ditemukan di pantai Dorset. FOTO/ Unreal Engine
A A A
LONDON - Para ahli paleontologi di Inggris telah menemukan fosil tengkorak Pliosaurus raksasa yang sangat terawat baik di pantai Jurassic di Dorset. Tengkorak musuh bebuyutan Megalodon yang panjangnya bisa mencapai 15 meter dan memiliki gigi setajam silet yang bisa tumbuh sepanjang 12 cm.

BACA JUGA - Hiu Megalodon Raksasa Punah Akibat Berdarah Panas

Seperti dilansir dari Wion News, Senin (11/12/2023), tengkorak itu ditemukan oleh seorang penambang batu kapur amatir bernama Nick Hancock pada tahun 2019. Hancock menemukannya terkubur di bawah pasir di pantai di dekat Lulworth Cove.

Dia menyadari bahwa itu adalah tengkorak yang penting dan menghubungi para ahli paleontologi di Universitas Bournemouth.

Para ahli paleontologi telah menghabiskan tiga tahun memulihkan tengkorak. Mereka mengatakan bahwa itu adalah salah satu tengkorak Pliosaurus terbaik yang pernah ditemukan. Tengkorak itu sekarang dipamerkan di Museum Dorset di Dorchester.

Pliosaurus adalah kelompok predator laut yang hidup selama periode Jurassic dan Cretaceous. Mereka adalah salah satu predator laut terbesar yang pernah ada, dengan beberapa spesies yang panjangnya mencapai 25 meter.

Pliosaurus menggunakan gigi mereka yang tajam untuk menangkap dan memakan mangsanya, termasuk ikan, kura-kura, dan mamalia laut.

Temuan tengkorak Pliosaurus ini adalah penemuan yang signifikan karena memberikan wawasan baru tentang sejarah alam laut Jurassic. Tengkorak itu menunjukkan bahwa Pliosaurus adalah predator yang sangat sukses dan bahwa mereka hidup di berbagai habitat di seluruh dunia.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)