Mengenal Sistem Spyder Israel, Benteng Pertahanan Udara Berkemampuan Canggih

Kamis, 14 Desember 2023 - 16:07 WIB
loading...
Mengenal Sistem Spyder Israel, Benteng Pertahanan Udara Berkemampuan Canggih
Sistem Spyder Israel mampu menghalau berbagai jenis ancaman, seperti pesawat terbang, helikopter, kendaraan udara tak berawak hingga amunisi berpemandu. Foto/Rafael
A A A
JAKARTA - Sistem Spyder Israel menjadi salah satu kekuatan pertahanan udara canggih di dunia. Senjata tersebut menjadi pendukung Iron Dome dalam misinya menjaga keamanan udara wilayah Israel.

Spyder merupakan kependekan dari Surface to air Python and Derby. Persenjataan ini merupakan sistem pertahanan rudal permukaan-ke-udara bereaksi cepat.

Sistem Spyder diklaim mampu melindungi wilayah udara yang luas dari berbagai ancaman musuh. Untuk mengenalnya lebih jauh, simak ulasannya berikut ini.

Sistem Spyder Israel


Sistem pertahanan udara Spyder dikembangkan Rafael dan Israel Aircraft Industries (IAI). Pada perancangannya, senjata ini ditujukan untuk memperkuat pertahanan udara negara.



Mengutip Army Technology, Spyder dioperasikan guna mengamankan area udara negara penggunanya. Senjata ini mampu menghalau berbagai jenis ancaman, seperti pesawat terbang, helikopter, kendaraan udara tak berawak hingga amunisi berpemandu.

Melihat performanya, sistem Spyder terbilang cukup menarik. Pasalnya, sistem pertahanan udara ini dapat meluncurkan dua jenis rudal berbeda dari peluncur yang sama.

Pada jenisnya, Spyder bisa beroperasi menggunakan rudal Python 5 dan Derby. Keduanya sama-sama dirancang Rafael, namun masing-masing memiliki karakteristik yang sedikit berbeda.

Rudal Python bisa menjangkau jarak hingga 15 km. Bersama fitur canggih seperti panduan inframerah, kemampuannya bisa mendeteksi berbagai ancaman di udara secara bertahap.

Sedangkan Derby merupakan jenis rudal jarak pendek hingga menengah. Rudal ini bisa menjangkau sasaran hingga jarak 50 km.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)