Rudal Hipersonik Rusia Makan Korban Jet Tempur MiG-29 Ukraina, Ini Kehebatan Vympel R-37M

Senin, 18 Desember 2023 - 20:43 WIB
loading...
Rudal Hipersonik Rusia Makan Korban Jet Tempur MiG-29 Ukraina, Ini Kehebatan Vympel R-37M
Rudal udara ke udara jarak jauh R-37M Vympel Rusia memakan korban lagi setelah menembak jatuh pesawat tempur Ukraina MiG-29 Fulcrum. Foto/Bulgarian Military
A A A
MOSKOW - Rudal udara ke udara jarak jauh R-37M Vympel Rusia memakan korban lagi setelah menembak jatuh pesawat tempur Ukraina MiG-29 Fulcrum. Rudal R-37M Vympel yang memiliki kecepatan hipersonik ini ditembakkan dari pesawat tempur Rusia MiG-31 Foxhound.

Laporan dari saluran Telegram pro- Rusia menyatakan jet tempur MiG-29 milik Angkatan Udara Ukraina ditembak jatuh oleh rudal udara-ke-udara jarak jauh R-37M. Rudal tersebut diduga diluncurkan dari jet tempur MiG-31 milik Angkatan Udara Rusia.

Overclockers, media Rusia, juga melaporkan insiden ini, dengan mengaitkan informasi dari saluran Telegram pro-Rusia yang dikenal sebagai War History Weapons. Sejak dimulainya perang, ada banyak laporan tentang MiG-31 yang terlibat dalam pertempuran udara langsung.



Salah satu insiden penting yang dicatat oleh BulgarianMilitary pada Oktober 2022 merinci sebuah Su-24 Ukraina yang ditembak jatuh oleh MiG-31. Menurut sumber-sumber Rusia, rudal udara-ke-udara RVV-SD atau varian R-77 digunakan dalam insiden ini.

Laporan dari Rusia menyatakan bahwa sebuah MiG-29 Ukraina menjadi sasaran rudal R-37M. Saat melakukan patroli di zona operasi khusus di Ukraina, seorang pilot dari Angkatan Udara Rusia melihat sebuah pesawat lawan di radarnya.

“(Rudal) R-37M, yang dikenal dengan jangkauannya yang luar biasa, kemudian diluncurkan,” seperti yang dilaporkan oleh Overclockers dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian Military, Senin (18/12/2023).

Tentang Rudal R-37

Rudal Hipersonik Rusia Makan Korban Jet Tempur MiG-29 Ukraina, Ini Kehebatan Vympel R-37M


Rudal Vympel R-37 atau yang dikenal dengan nama pelaporan NATO AA-13 Axehead, adalah rudal udara-ke-udara hipersonik buatan Rusia yang terkenal karena jangkauannya yang sangat jauh. Rudal ini juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti K-37, izdeliye 610, dan RVV-BD.

RVV-BD dikenal sebagai 'rudal udara-ke-udara jarak jauh'. Hal menarik, rudal berkekuatan tinggi ini merupakan pengembangan dari model R-33. Rudal Vympel R-37M dirancang dengan tujuan khusus, menargetkan dan menghabisi kapal tanker, AWACS, dan pesawat C4ISTAR milik NATO.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)