Gigi Berukuran Besar Ditemukan, Ilmuwan MBARI Yakin Laut California Sarang Megalodon

Kamis, 21 Desember 2023 - 22:57 WIB
loading...
Gigi Berukuran Besar Ditemukan, Ilmuwan MBARI Yakin Laut California Sarang Megalodon
ROV temukan gigi hiu Megalodon. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
CALIFORNIA - Tim peneliti dari Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) menemukan gigi Megalodon raksasa di dasar laut dalam.

BACA JUGA- Hiu Megalodon Raksasa Punah Akibat Berdarah Panas

Seperti dilansir dari IFL Science, Kamis (21/12/2023), gigi tersebut ditemukan oleh kendaraan operasional jarak jauh (ROV) bernama Doc Ricketts di kedalaman 1.200 meter di lepas pantai California.

Gigi tersebut diperkirakan berasal dari Megalodon dewasa yang berukuran sekitar 15 meter panjangnya. Gigi itu memiliki panjang 17,5 cm dan lebar 11,5 cm. Ini adalah gigi Megalodon terbesar yang pernah ditemukan di California.

Penemuan ini merupakan bukti terbaru bahwa megalodon pernah berkeliaran di perairan California. Megalodon adalah predator puncak di lautan selama jutaan tahun, hingga punah sekitar 3,6 juta tahun yang lalu.

Penelitian lebih lanjut diharapkan dapat memberikan wawasan lebih lanjut tentang ukuran dan perilaku Megalodon.

Pada tahun 2018, seorang pria bernama Craig Ferguson mengklaim telah melihat Megalodon di lepas pantai California.

Ferguson mengatakan bahwa dia melihat hiu besar dengan sirip punggung yang khas Megalodon. Namun, klaim Ferguson tidak didukung oleh bukti, dan banyak orang yang meragukannya.

Megalodon adalah hiu terbesar yang pernah hidup di Bumi. Hiu ini diperkirakan memiliki panjang hingga 60 kaki (18 meter) dan berat hingga 40 ton.

Megalodon hidup di lautan selama periode Miosen dan Pliosen, sekitar 23 juta hingga 2,6 juta tahun yang lalu.

Hingga saat ini, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa Megalodon masih hidup di California. Namun, beberapa orang percaya bahwa Megalodon masih ada di lautan dalam, di mana belum banyak dieksplorasi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)