Arkeolog Selidiki Sosok Wanita yang Berada di Makam Raja Viking Terakhir

Jum'at, 22 Desember 2023 - 20:34 WIB
loading...
Arkeolog Selidiki Sosok Wanita yang Berada di Makam Raja Viking Terakhir
Para arkeolog percaya bahwa wanita itu adalah istri atau kekasih Hardrada. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
OSLO - Para arkeolog di Norwegia menemukan makam seorang pria yang diyakini sebagai raja Viking terakhir, Harald Hardrada. Yang menarik, makam itu juga berisi jenazah seorang wanita.



Para arkeolog percaya bahwa wanita itu adalah istri atau kekasih Hardrada. Namun, identitasnya masih belum diketahui secara pasti.

Ada beberapa teori tentang siapa wanita itu. Salah satu teori mengatakan bahwa dia adalah Tola, istri kedua Hardrada.

Teori lain mengatakan bahwa dia adalah seorang wanita yang bernama berbeda, dan bahwa dia adalah seorang wanita penting dalam kehidupan Hardrada.

Para arkeolog masih melakukan penelitian untuk mengungkap identitas wanita itu. Mereka berharap bahwa dengan mempelajari lebih lanjut tentang makam dan jenazah, mereka dapat menemukan petunjuk tentang identitasnya.

Identitas dan peran wanita itu masih belum diketahui secara pasti. Namun, dia adalah sosok yang penting dalam sejarah Viking, dan para arkeolog berharap bahwa mereka dapat mengungkap identitasnya dalam waktu dekat.

"Untuk saat ini makam itu usianya dihitung berdasarkan benda yang ditemukan di dalamnya. Jenis bros berbentuk bulatan ini muncul sekitar 850 Masehi dan menjadi kian umum pada abad ke-10 Masehi." tutur Marianne Bugge Kramer dari Kantor Manajemen Peninggalan Budaya Oslo mengatakan kepada Sciencenorway.

Menurut dongeng Norse, Oslo dibangun sekitar 1049 Masehi oleh Harald Hardrada. Penelitian arkeologi belum lama ini menemukan makam umat Kristen yang dibuat sekitar sebelum 1000 Sebelum Masehi. Makam Viking terakhir yang usinya lebih tua dari temuan ini menandakan telah terjadi masa pendudukan lebih awal,

Arkeolog juga menemukan sebuah lempengan perisai yang ada tonjolan besi di bagian tengahnya meski bagian lain dari perisai itu sudah dimakan usia beratus tahun. Tonjolan besi itu dibuat untuk memantulkan hantaman yang mengarah ke bagian tengah perisai.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3423 seconds (0.1#10.140)