Daftar Pasukan Elit Militer Sepanjang Sejarah, Ada Janissary dari Ottoman

Sabtu, 23 Desember 2023 - 22:39 WIB
loading...
Daftar Pasukan Elit Militer Sepanjang Sejarah, Ada Janissary dari Ottoman
Immortal merupakan pasukan elit Persia yang selalu berjumlah 10 ribu orang. (Foto: Warner Bross)
A A A
JAKARTA - Sejarah mencatat bangsa yang besar pasti memiliki militer yang kuat. Di balik kekuatan militer tersebut terdapat pasukan elit yang tangguh dan mematikan.

Tersebutlah pasukan elit Janissary yang menyokong kekaisaran Ottoman menaklukkan Konstantinopel. Sementara di era militer modern juga banyak bertebaran pasukan elit.

Pasukan elit ini namanya sudah melegenda berkat reputasinya. Personelnya juga bukan prajurit biasa. Mereka dilatih untuk beroperasi di lingkungan asing di luar rantai komando biasa, mampu melakukan tugas paling sulit dan biasanya bekerja secara senyap.

Berikut daftar pasukan elit militer sepanjang sejarah umat manusia dilansir dari Splash Travel, Sabtu (23/12/2023).

1. Suku Medjay


Suku Medjay adalah suku nomaden yang mengabdi ke kerajaan Mesir kuno. Awalnya mereka adalah tentara bayaran namun akhirnya berkembang menjadi pasukan elit. Pasukan ini sangat mumpuni dalam misi pengintai gurun dan pertempuran langsung.


2. Hypaspists


Philip II dari Makedonia dan putranya, Alexander Agung, merevolusi pertempuran dan dinas militer dengan mengorganisir pasukan yang sangat efisien, untuk menaklukkan sebagian besar dunia barat dan timur. Salah satu unit tentara elitnya adalah Hypaspists. Mereka adalah orang terpilih dari Angkatan Darat Raja. Hypaspists digunakan secara taktis untuk melindungi pasukan yang rentan dan sebagai pengawal kerajaan.

3. Companion Cavalry


Companion Cavalry adalah pasukan elit Makedonia. Pasukan ini terkenal sebagai kavaleri terhebat di dunia kuno. Pasukan elit ini digunakan sebagai alat utama dari taktik palu dan landasan oleh Philip dan Alexander dalam pertempuran. Infanteri bertindak sebagai landasan, menahan musuh di tempat sebelum kavaleri menembus dan memberikan pukulan telak pada musuh.

4. Mailmen


Mailmen adalah kurir militer untuk Kekaisaran Romawi yang dikembangkan dengan cermat oleh Julius Caesar sebagai agen spionase. Para agen ini sering ditugaskan untuk bergerak di belakang garis musuh dan berfungsi intelijen. Mereka juga memiliki otoritas untuk melakukan penangkapan dan eksekusi.

5. Prajurit Praetorian Romawi


Praetorian adalah pasukan elit Romawi, dilatih dalam segala bentuk keterampilan militer untuk memastikan dapat dipanggil dalam setiap situasi. Selama periode kekaisaran, mereka menjadi pasukan elit yang ditugaskan untuk mengawasi dan melindungi kaisar dan Roma.


6. Batavi


Awalnya suku Jerman, Batavi adalah pasukan bantuan di Kekaisaran Romawi yang memiliki peran yang sangat spesifik. Mereka dikenal dengan keterampilan dan disiplin luar biasa, termasuk menyelam melintasi perairan dengan mengenakan baju besi sambil membawa senjata. Mereka juga melatih kudanya untuk berenang. Serangan mendadak pasukan ini setelah menyelam menjadi mimpi buruk yang tak terbayangkan.

7. Spartan


Pemuda Spartan dilatih sebagai Krypteia sejak belia. Setelah dewasa mereka akan dikirim menyamar ke wilayah musuh. Mirip dengan Samurai, orang-orang Spartan akan mengakhiri hidupnya sendiri ketimbang menyerah, dan jika tidak, mereka akan menghadapi kehinaan total. Pengecut tidak diperlakukan dengan baik di Sparta. Bahkan seringkali tidak dapat menemukan wanita untuk dinikahi.

8. Skiritai


Skiritai adalah suku pegunungan yang dikuasai oleh Sparta yang kemudian dilatih sebagai infanteri elit. Mereka akan melindungi posisi paling rentan dari tentara selama pertempuran dan juga bertugas sebagai pengintai dan penjaga hutan.

9. Immortal


Immortal adalah pasukan elit dari Persia. Mereka dijuluki Immortal karena selalu berjumlah tepat 10.000, siapa pun yang pergi segera digantikan. Pasukan ini adalah unit yang dapat masuk di belakang pasukan Spartan dalam Pertempuran Thermopylae.

10. Band of Lovers


Dengan jumlah hanya 300 personel, Band of Lovers adalah pasukan elit yang terdiri dari 150 pasangan pria yang saling mencintai. Gagasan di balik pasukan ini adalah bahwa ikatan antar pasangan akan menciptakan gairah di medan perang. Para prajurit ini terbukti mampu menghancurkan orang-orang Spartan, menegaskan mereka sebagai salah satu pasukan terbaik di dunia saat itu.

11. Jannisary


Jannisary merupakan pasukan elit Kekaisaran Ottoman. Awalnya mereka adalah budak atau anak-anak yang diculik dan menerima pelatihan militer terbaik untuk melayani Sultan. Selama lebih dari 500 tahun, mereka membantu Sultan memerintah sebagai tentara elit modern pertama di Eropa. Dengan bubuk mesiu, mereka juga menjadi penembak jitu terbaik pada zamannya.


12. Varangian Guard


Varangian Guard adalah tentara bayaran Scandinavia yang melayani Bizantium sebagai pengawal pribadi kaisar. Mereka ditempatkan di medan perang sebagai cadangan selama pertempuran, hanya dilepaskan saat benar-benar diperlukan.

13. Sneaky Assassins


Sneaky Assassins merupakan para ninja asal Jepang. Keterampilan mematikan membuat mereka menjadi prajurit terhebat yang pernah ada. Digunakan terutama di luar medan perang, mereka sering dikirim dalam misi rahasia pengintaian dan eksekusi serta sangat terampil dalam pertempuran. Sebagai antitesis terhadap Samurai dan nilai-nilainya, ninja adalah prajurit bayangan.

14. Eagle Warriors


Eagle Warriors adalah pasukan elit bangsa Aztec . Para prajurit elit ini adalah para pria paling berani yang menangkap paling banyak tawanan selama pertempuran. Misi utama mereka adalah menangkap sebanyak mungkin tawanan untuk dikorbankan kepada para dewa.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)